"Innovate or Die" sebuah quote yang banyak digunakan yang menggambarkan betapa pentingnya inovasi di dalam sebuah organisasi. Quote yang berasal dari Peter F. Drucker ini, merupakan mantra penting bagi setiap perusahaan untuk bisa tumbuh, berkembang, dan sustain. Tanpa inovasi, yah siap-siap mati.
Quote yang sudah terbukti munculnya banyak bisnis hebat dan luar biasa dimulai dari budaya inovasi di dalam diri ownernya atau di dalam DNA perusahaan. Bagaimana sesuatu yang sangat biasa, ditemui di mana-mana, di makan dari kecil, kemudian menjelma menjadi brand Warunk Upnormal, INOVASI inilah awalnya.
Bagaimana, jual mie harga 10 ribuan, dimsum 10 ribuan menjelma menjadi belasan dan puluhan cabang seperti Mie Gacoan dan Mie Kober. Bagaimana makanan tradisional dari provinsi Nusa Tenggara Timur yang mungkin dulu tidak banyak dikenal kemudian menjelma menjadi bisnis dengan 80 cabang lebih seperti Sei Sapi Kana. Semua jawabannya adalah INOVASI.
Jadi, temen-temen kuliner semua, penting sekali untuk kita paham klo INOVASI is a MUST, wajib dipahami, wajib dipelajari karena fungsi dan kegunaan yang sangat luar biasa di dalam perusahaan. Apa ajah coba kita lihat tujuan dari inovasi di dalam perusahaan?
1. Meningkatkan Sales
Sales merupakan salah satu tujuan penting dari semua inovasi yang dilakukan oleh perusaaan, intinya biar tercapai, meningkat, dan bisa konsisten ke depannya. Inovasi apa ajah yang terkait sales?
2. Mengurangi Product Cost
Inovasi juga bisa ditujukan untuk mengurangi product cost sehingga pada akhirnya COGS bisa lebih rendah, seperti:
3. Menurunkan Opex
Inovasi ditujukan untuk kita menemukan ide tentang bagaimana cara agar biaya operasional bisa turun, sehingga pada akhirnya Net Profit perusahaan bisa tinggi. Contoh:
4. Revenue Growth baru
Inovasi ditujukan untuk menemukan sumber Revenue Growth baru bagi perusahaan sehingga perusahaan bisa berkembang atau rebound kembali dari kondisi saat ini.
5. Kepuasan Pelanggan
Inovasi dilakukan untuk bisa meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan akan menjadi lebih loyal ke brand kita.
6. Meningkatkan produtivitas kerja
Inovasi yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, di mana dengan jumlah karyawan X biayanya menghasilkan Y, kemudian dengan inovasi jumlah karyawan yang sama X tapi kemudian menghasilkan Z.
7. Menurunkan Back Office Cost
Inovasi dilakukan untuk menurunkan biaya back office, biasanya ini untuk perusahaan yang memang banyak cabang, bagaimana mereka bisa menekan cost sehingga net profit perusahaan bisa lebih besar.
8. Meningkatkan Nilai Brand
Inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan ekuitas merek perusahaan (Awareness, Association, Perceived Quality).
9. Menciptakan differensiasi yang kuat
Inovasi dilakukan untuk mencari perbedaan yang kuat dan unik, yang membedakan brand kita dengan brand pesaing di mata konsumen, serta menjadi alasan kuat konsumen untuk lebih memilih brand kita.
10. Menurunkan Biaya SCM (Supply Chain Management)
Inovasi ditujukan untuk menurunkan biaya Supply Chain Management, sehingga pada akhinya membuat cost turun dan net profit naik tanpa mengurangin produktivitas dan pencapaian target kerja.
Tentu banyak lagi kegunaan inovasi di dalam bisnis, tergantung problem atau tantangan apa yang sedang kita hadapi atau ingin kita solusikan, 10 hal di atas hanya untuk contoh bagaimana luasnya tujuan inovasi di dalam bisnis kuliner.
Nah di lain waktu kita bahas gimana sih membangun budaya inovasi dan melakukan inovasi di dalam bisnis yang kita jalankan, bagaimana 8 langkah praktis yang membuat kita bisa melakukan INOVASI dibagian apapapun, YES DIBAGIAN APAPUN, mau anda bagian finance, mau bagian gudang, kita semua bisa melakukan INOVASI.
Semoga Bermanfaat.
Jangan ketinggalan peluangnya.
#KeepSharing
#KeepLearning
#SpreadKnowledge
#KulinerIndonesia
Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid
*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.
Sumber Gambar: Unsplash.com
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}