Nah berhubung udah banyak yang membahas bagaimana KEREN, POWERFULL, IMPACTFUL kolaborasi McDonald's x BTS beberapa hari kebelakang, kali ini kita bahas hal lebih penting dari sekedar tau soal KEREN, POWERFULL, IMPACTFUL kolaborasi tersebut, yaitu
Pentingkan yah, jangan cuma euforia dan kagum sama apa yang brand lain kerjakan, tapi langsung kita pikirkan juga gimana klo brand kita juga mulai BERKOLABORASI, karena memang ke depannya ini salah satu strategi yang sangat penting di dalam bisnis kuliner.
Sedikit kita review 5 manfaat kolaborasi yang sudah pernah Foodizz tulis beberapa kali di https://www.foodizz.id/artikel
1. BRAND AWARENESS
Meningkatkan BRAND AWARENESS dengan cukup massive khususnya di market yang baru yang sebelumnya belom digarap dengan serius. Contoh McDonald's x BTS di mana McD tentu bisa meningkatkan awareness nya di ARMY atau fans dari BTS bukan hanya lokal tapi juga di seluruh dunia.
2. BRAND EXPOSURE
Potensi mendapatkan BRAND EXPOSURE besar di berbagai media, yah temen-temen lihat sendiri betapa sadisnya exposure yang muncul dan bisa didapatkan oleh McDonald's x BTS ini baik oleh media-media mainstream, follower yang nge post di TikTok dan Instagram (User Generated Content), dll
3. NEW TC (Total Check) / CUSTOMER ACQUISITION
Tentu tujuan dari kolaborasi salah satunya adalah meningkatkan TRAFFIC / New TC yang membeli produk kita diberbagai channel seperti Drive Thru, Delivery Online, APPS, ataupun Dine in.
4. INCREASE APC
Kolaborasi juga sudah dipertimbangkan pasti soal apakah Average Per Check (Nilai belanja) akan naik atau turun, yah tentu logikanya akan diarahkan untuk meningkatkan APC.
5. BRAND RECALL
Kolaborasi juga penting untuk membuat konsumen KEMBALI INGAT dengan brand kita, khususnya konsumen yang sudah pernah mengkonsumsi produk kita, melalui kolaborasi kita mencoba untuk ROMANCING sehingga akhirnya konsumen membeli kembali.
Ok kembali lagi ke atas, pertanyaannya "gimana caranya nih biar brand kita juga bisa berkolaborasi?" yah tentu disesuaikan dengan capability dan scale dari brand kita, ga mungkin juga toh pengen kolabnya bareng EXO, Blackpink, NCT, GOT7 misalnya hehe, yang realistis ajahlah apalagi misalnya kita memang hanya punya budget terbatas, ya gak. McDonald's x BTS cukup jadi inspirasi ajah yang bisa mendorong kita juga mengambil LESSON LEARNED dari sana untuk kita eksekusi dengan pendekatan LOKAL tentunya.
Ok Let's go kita bahas gimana caranya?
1. LIST KONSEP KOLABORASI & TUJUAN
Apa tujuan kita berkolaborasi "lihat poin-poin di atas" nah dari sini kita list dulu konsep-konsep kolaborasi yang tentunya bisa mendorong terjadinya pencapaian tujuan dari kolaborasi yang ingin kita jalankan. Beberapa konsep yang sudah ada yang mungkin bisa menjadi inspirasi misalnya:
Dan banyak lagi bentuk-bentuk kolaborasi yang temen-temen bisa list, cara dapet idenya tentu paling mudah perbanyak insight melalui online, artikel, dll.
TO DO ---> (Segera Buat LIST idenya dan tujuannya)
2. BUAT LIST KOLABORATOR
Langkah kedua setelah kita punya KONSEP dan TUJUAN adalah kita mencoba me LIST pihak-pihak yang bisa kita ajak berkolaborasi, dalam hal ini tentu pihak-pihak yang memiliki VALUE yang sama serta kita yakin bisa membuat TUJUAN kita tercapai melalui program ini. Yah tentu kita juga harus mempertimbangkan dengan baik BENEFIT yang juga mereka bisa dapatkan, beberapa pihak yang mungkin bisa diajak berkolaborasi:
Klo di lihat di sini temen-temen sudah terbayangkan kalo BERKOLABORASI itu ga harus dengan KOL atau influencer tapi juga banyak pihak lain yang mungkin punya potensi jauh lebih baik, kembali lagi apa yang menjadi tujuan kita.
TO DO ---> (Segera Buat LIST siapa ajah yang bisa kita ajak kolaborasi)
3. PROPOSAL KERJASAMA
Nah langkah ketiga siapkan proposal yang detail soal ajakan BERKOLABORASI dengan pihak-pihak di atas yang isinya kira-kira:
Benefit buat dalam bentuk angka dan impact?
Semakin detail proposal akan semakin baik, khususnya di BENEFIT dan NUMBERS, karena memang misalnya yg kita ajak adalah BRAND dan PERUSAHAAN or KOL penting sekali untuk mereka bisa melihat NUMBERS dan BENEFIT yang kira-kira mereka bisa dapatkan, at the end IT IS BUSINESS, selalu soal WHAT I GET first kecuali memang bentuk kolaborasi yang dibuat betul-betul dalam konteks SOCIAL MOVEMENT.
TO DO ---> (Segera siapkan proposalnya dengan detail)
4. CONTACTING / MENGHUBUNGI
Hubungi semua pihak yang bisa diajak kolaborasi, tentu tidak mudah untuk bisa mengakses pihak-pihak yang kita ingin ajak berkolaborasi, namun temen-temen harus "NGOYOO" "MOKSO" usaha yang keras pokoknya harus bisa terkoneksi dengan mereka-mereka ini, contoh yang bisa dilakukan
Intinya adalah USAHA, jangan CEPET nyerah gara-gara tidak punya AKSES untuk berkolaborasi. NOTHING GREAT COMES EASY.
5. KESEPAKATAN & EKSEKUSI KERJASAMA
Nah terakhir jika kita sudah menemukan CHEMISTRY dan kesamaan TUJUAN, serta juga kemungkinan untuk berkerjasama, maka kita bisa masuk ke proses selanjutnya yaitu AGREEMENT / kesepakatan kerjasama serta rencana eksekusi,
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal kesepatakan:
Dan untuk eksekusi kerjasama ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan:
Semoga Bermanfaat & Keep Learning
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
#Kolaborasi #Branding
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}