Ide Bisnis

Calon Pesaing Starbucks Coffee

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 12 Mei 2022

 

Lagi duduk termenung tiba-tiba kepikiran kenapa yah gua sering banget meeting dan ketemu orang di Starbucks Coffee, apalagi pas ke Jakarta, padahal cukup banyak brand lokal lain yang ada sebetulnya (beberapa juga langganan klo buat diskusi dan meeting seperti Tanamera Coffee, Warunk Upnormal, dan Anomali Coffee), namun jika disebut seringnya di mana, jelas di Starbucks Coffee. "Ah kagak cinta brand lokal ajah lo" ah dasar BAMBANG ga ada kaitannya kalee, tiap hari juga di Bandung nongkrong gua di brand lokal (Masagi Koffee, Warunk Upnormal, Yumaju, dll), ini gua lagi bicara konteks klo sedang pengen meeting, diskusi, ato ngobrol agak serius.

Tiba-tiba pikiran ini teringat sebuah coffeeshop yang bisa jadi pesaing Starcbucks Coffee di Indonesia atopun kelak di dunia (biarpun kejauhan masih, ga apa-apa khan, punya cita-cita namanya juga).

Coffeeshop ini punya kriteria yang sangat kuat untuk menjadi brand lokal Indonesia yang dapat menjadi pesaing Starbucks Coffee secara lokal daerah dan mungkin ke depannya nasional, kok bisa?

 

Coba kita lihat apa ajah yang mereka miliki:

 

1. Brand Positioning
Nah, brand ini memposisikan brand nya sebagai Value Your Time di mana brand ini menyampaikan klo kamu pengen cari tempat yang enak untuk ngobrol, meeting, diskusi, dan juga bisa private room, nah kamu bisa datang ke sini, kamu akan mendapatkan apa yang kamu harapkan untuk semua kegiatan tersebut.

 

2. Customer Experience
Customer Experience nya juga dapet banget, pelayanan yang rame ketika masuk ke dalam coffeeshopnya, sistem order yang sangat mempermudah konsumen (bisa manual maupun digital), menu mudah untuk dibaca dan jelas secara image, metode pembayaran beragam dari manual sampai digital dan bahkan ga masalah open order dulu, bayar belakangan.

 

3. Customer Intimacy
Ah servicenya memang keren banget lah, setiap karyawan menyapa dengan ramah, ada conversation yang ringan dengan konsumen yang datang, memberikan rekomendasi untuk konsumen yang masih kebingungan dan juga hangat dalam memberikan layanan

 

4. Ambience
Dengan concept Value Your Time di mana memang kita punya kebutuhan untuk ngobrol ringan atau serius, meeting, kerja, ato sekedar bersantai suasana (vibes) coffeeshop ini dapet banget deh, mulai dari design coffeeshop nya yang nyaman, suasana musik yang ringan dan tidak mengganggu, harum dan membuat kita bisa relax banget dan betah berlama-lama juga.

 

5. Food & Beverage
Soal makanan dan minuman, keren lah, lengkap mulai dari snack ringan sampai makanan berat dengan platting yang cakep banget, lebih unggul klo ini dari Starbucks Coffee jelas. Selain itu harganya juga sangat bersaing artinya tidak overprice, serta pas dengan segmen konsumennya.

 

6. Utilities Support
Butuh WIFI, ga usah khawatir tanpa password tinggal klik ajah dan langsung nyambung. Butuh SPOT colokan, banyak, butuh meja kerja yang besar juga ada, ato sekedar butuh sofa untuk diskusi ringan juga tersedia banyak. PEACE OF MIND lah klo mau kerja, diskusi, hangout, ato sekedar singgah sebentar.

 

7. Location 
Lokasi coffeeshop ini juga mudah ditemukan dan memang capex (modal) nya ga kecil yah, seperti Starbucks Coffee ajah, di sini kita sudah bisa membayangkan kan kira-kira memang segmennya juga Middle to Up. Rencananya coffeeshop ini ke depan akan buka di banyak lokasi strategis juga loh, karena jelas mereka memposisikan dirinya sebagai pesaing Starbucks Coffee di Indonesia. Why not khan.

 

8. Service Level
Secara service level kapasitas staff, kecepatan service dan serving juga terlihat coffeeshop ini dikelola dengan sangat rapih dan detail, training karyawannya juga bagus serta dikelola dengan sangat profesional. Karena memang sangat penting sekali untuk kuat di service level jika target marketnya middle to up.

 

9. Business Model
Secara model bisnis juga potensi untuk coffeeshop ini bisa scale sangat besar karena memang pertumbuhan industri kopi masih sangat menjanjikan, management levelnya juga di isi oleh orang-orang bagus, brandingnya cakep, serta didukung oleh technology dan back office yang kuat.

 

Eh btw bahkan mereka punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh Starbucks Coffee loh:

1. Brand Lokal
2. Komunitas dan Aktivitas Lokal
3. Menu yang Variatif
4. Fasilitas yang lengkap

 

BTW nama coffeeshop apa yah? Nah itu dia, ini khayalan fiktif ajah sih, ato dari semua kriteria di atas sudah ada di kota kamu coffeeshopnya? spill dong di IG Foodizz

 

Semoga Bermanfaat & Keep Learning.

 

www.foodizz.id

1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com

Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

 www.vendorkuliner.com

Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru