Mindset

Business Owner Wajib Tahu dan Memahami Angka, Ini 5 Alasannya.

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 12 Maret 2024
Sumber Gambar: Canva.com

 

Bekerja dengan ANGKA (baca: keuangan) bagi sebagian besar business owner di bidang F&B bisa jadi cukup jadi challenge, berat, atau bahkan sebagian besar merasa "males banget", apalagi owner yang memang backgroundnya orang KREATIF / MARKETING / BRANDING dan beberapa juga yang backgroundnya PORDUKSI. Masalahnya adalah bisnis kuliner itu tentang ANGKA, yes ga salah denger semua dimulai dari angka dan berjalan juga terkait dengan ANGKA, jadi bagimana ceritanya TIDAK PAHAM dan TIDAK MAU MENGERTI dengan ANGKA?

 

Coba kita liat semua hal yang terkait angka:

  1. Profitability, angka keuntungan
  2. Capex, angka modal awal mendirikan bisnis
  3. COGS, angka terkait dengan Harga Pokok Penjualan (HPP)
  4. Opex, angka terkati dengan biaya operasional
  5. EBITDA, angka profit/earning sebelum pajak/tax, depresiasi/depreciation dan amortisasi/amortization
  6. Pay Back Period, angka terkait pengembalian modal investasi
  7. Valuasi, angka terkait nilai perusahaan
  8. Cash flow, angka terkait dengan ketersedian dan rencana penggunaan cash
  9. Net Operation Income, angka terkait profitability outlet
  10. Angka marketing, discount, bundling, dll
  11. Angka sales dari TC (Total Check) x APC (Average per Check)
  12. Angka SSSL (Same Sales Store Level), angka pertumbuhan sales outlet
  13. Angka growth outlet
  14. Angka bagi hasil dengan investor baik dari profit, omset, or sewa

 

Nah bayangkan coba temen-temen owner, semua HIDUP kita di dunia F&B ini mana yang tidak berurusan dengan angka? GAWAT gah tuh kalau kita ga paham dan tidak mau paham dengan angka, akan sangat beresiko tentunya bagi bisnis kita baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

"Wah tapi saya sudah ada orang kepercayaan kok", "Partner saya yang satu langi handling soal angka ini", tetap saja sebagai business owner, kita harus mau paham dan mengerti, tidak bisa 100% mempercayakan pengelolaan angka-angka ini bahkan kepada partner bisnis sekalipun apalagi posisi kamu sebagai seorang CEO atau pimpinannya. Mengapa?

 

1. Target Perusahaan - Business Objectives

Berapa target sales,  profitability , berapa besar perusahaan akan berkembang, berapa banyak cabangnya, berapa nilai (valuasi) saham pemilik, berapa tahun target pay back periodnya adalah tanggung jawab dan sekaligus menjadi pijakan penting bagi seorang business owner ketika dia membangun bisnisnya. Semua angka-angka ini kita harus buat, kita kontrol, dan kita harus pahami detailnya apalagi jika bisnis kita menggunakan uang investor. Pemahaman detail terkait setiap angka-angka yang ada di dalam target perusahaan akan membuat kita selalu berpikir dan bekerja dengan keras dan cerdas, sehingga akhirnya kita bisa merealisasikan semua hal di atas.

 

2. Kondisi Eksisting - Understanding Exisiting Condition

Memahami angka akan membuat kita sebagai business ownernya juga hidup dalam PRESENT TIME (saat ini), bukan hanya di masa lalu, apalagi kebanyakan mimpi di masa depan, angka-angka akan memperlihatkan kita REALITA bisnis kita saat ini, hal ini akan mendorong kita tentunya untuk BERTINDAK mengambil keputusan-keputusan stratejik, melalukan berbagai inovasi dan inisiatif untuk membawa perusahaan menjadi lebih baik denga mencapai target-targetnya.

 

3. Keputusan Stratejik - Strategic Decision

Setiap saat sebagai business ownernya kita sering dihadapkan untuk mengambil berbagai keputusan stratejik, misalnya tim kita mengajukan untuk membuat central kitchen, tim kita mengajukan untuk budget promosi yang cukup besar, atau tim kita mengajukan pengadaan capex (mesin, peralatan, dll) yang nilai investasinya cukup besar, Ok pertanyaanya sekarang atas dasar apa kemudian kita memutuskan semua hal ini? FEELING? ASUMSI? Tentu saja keputusah terbaik yang dengan angka baru diikuti dengan hipotesa, asumsi atau feeling, tapi klokalau Anda baru pemula, belum punya jam terbang tinggi jangan coba-coba deh mengambil decision tanpa angka.

 

Angka akan membuat kita lebih bijak dalam mengambil keputusan, angka juga meminimalisir kesalahan dan resiko dari keputusan yang kita ambil, dan angka juga akan membuat gambaran yang lebih rinci dan detail terkait keputusan tersebut, sehingga kita akan lebih yakin dan percaya diri. Yes! tentu bisa saja akhirnya tetap salah atau tidak tepat, tapi setidaknya kita tidak berjudi untuk sesuatu yang nilainya mahal dan resiko nya besar dengan cara memahami angka secara menyeluruh terkait keputsan tersebut.

 

4. Mengelola Perputaran Uang - Cash Flow Management

Tahu dan memahami angka juga penting dan erat kaitannya dengan strategi kita mengelola putaran uang (cash flow) dalam waktu tertentu (harian, mingguan, bulanan), mengelola cash flow ini sifatnya sangat penting, karena menyangkut banyak hal, seperti satu opportunity (kesempatan) yang ditimbulkan dari cash flow kita yang kuat seperti bisa buka cabang baru, budget promosi, mendapatkan harga lebih murah, kedua juga terkait dengan banyak hal yang sifatnya stratejik dan program, seperti menjaga hubungan baik dengan vendor dengan membayar tepat waktu, memastikan gaji karyawan dan benefitnya dipenuhi tepat waktu dan jumlah yang tepat, ketersediaan bahan baku, merealisasikan budget promosi untuk mendorong sales mencapai target, dll.

 

5. Evaluasi Kinerja - Key Performance Indicator

"You can not manage what you can not measure" .... Peter Druker, Yes terakhir, angka adalah salah satu cara mengukur kinerja yang paling fair dan paling jelas untuk siapapun di dalam perusahaan. Tim sales diukur dengan angka, tim supply chain diukur dengan angka, tim operasional diukur dengan angka, hampir semua divisi dapat diukur dengan angka yang jelas. Yah tentu dalam konteks pengukuran ini angka yang dimaksud bisa berbeda implementasinya, ada angka yang memang terkait dengan kinerja keuangan, namun ada juga angka yg dibuat untuk menjadi standar pengukuran kinerja di luar keuangan.

 

Nah udah kebayangkan temen-temen betapa pentingnya kita sebagai business owner untuk mau tahu dan paham dengan ANGkA, Yuk paksa diri kita untuk mulai BELAJAR dan CINTA dengan angka apalagi jika ingin bisnis kita makin besar ke depannya.

Buat temen-temen yang ingin belajar Angka-Angka Stratejik dengan berbagai studi kasus dalam bisnis F&B, jangan lewatkan kelas FINANCE for Owner dan Manager yang di design khusus untuk pemilik bisnis kuliner. Cek di link ini atau bisa WA ke sini

 

Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat menikmati hidangan ANGKA.

Foodizz Academy
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com

 

Tanya detail klik disini: CS Foodizz: +62-811-2009-7974


Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru