BRAND COLLABORATION
Eits.. tunggu dulu, tentu bukan menikah jadi suami istri ya, soalnya Arief khan udah punya istri, tapi Arief Muhammad sebagai salah satu pemilik Brand Baso Aci Akang melakukan kolaborasi dengan Mgdalenaf sebagai pemilik Nyambel.idn
Kolaborasi dua influencer kelas atas ini tentu saja diprediksi akan sangat potential bagi kedua brand Baso Aci Akang dan Nyambel.idn karena bukan hanya brand, namun ini juga secara tidak langsung kolaborasi dua influencer yang memang bagian dari brand tersebut.
Ok, sekarang coba kita kaji yuk strategi KOLABORASI BRAND seperti ini, apa sih manfaatnya bagi pemilik brand.
Coba kita misalkan dulu yah, misal ada brand es kopi susu yang rame banget di GoFood dan kemudian ada brand roti bakar yang juga rame banget di GoFood, nah kemudian rand es kopi susu ini berkolaborasi dengan brand roti bakar ini, kira-kira apa yang akan terjadi?
1.Brand Awareness
Tentu ajah kedua brand ini akan saling MENGENDORSE kolaborasi tersebut di ekosistem sosmed masing-masing sehingga akan makin terkenallah kedua brand tersebut. Nah bayangkan dalam kasus Baso Aci Akang x Nyambel.idn, udahnya dua brand dikenal plus pemilikinya juga influencer berpengaruh.
2. Traffic Sales
Ini salah satu fungsi penting dalam BRAND COLLABORATION, mendorong terjadinya sales di kedua brand, baik itu dengan cara mendorong traffic masing-masing datang atau membeli online dari kedua brand.
3. Brand Relevancy
Membangun brand untuk selalu relevan di target market juga bagian penting dari BRAND COLLABORATION, misal kita punya coffeeshop yang sudah cukup lama berdiri, kemudian untuk membuat brand kita FRESH Kembali, kita berkolaborasi dengan Croffle Brand yang ANAK JAKSEL banget, sehingga brand kita kembali terangkat.
4. New Market
Menggarap pasar baru juga jadi salah satu poin penting dalam melakukan kolaborasi brand. Misalnya, brand ayam geprek kita akan buka di Yogyakarta, nah untuk mempercepat pengenalan brand dan juga menggarap market di Yogya ini, kita berkolaborasi dengan brand minuman di Yogya, sehingga kita bisa menggarap new market melalui mereka bahkan bisa cepat untuk mendatangkan sales dengan cara melakukan ghost brand di aplikasi online brand minuman tersebut.
Ghost Brand
Ada brand Esque di Yogya, kemudian ayam geprek kita berkolaborasi untuk bisa dibeli juga di aplikasi online GoFood Esque misalnya, dan sebaliknya.
5. Average Per Check/ Basket Size
Terakhir, manfaat dari brand collaboration ini adalah bisa meningktkan Average Per Check atau Basket Size belanja konsumen. Seperti contoh Baso Aci Akang bisa saja kemudian konsumen Baso Aci Akang juga kemudian membeli Nyambel melalui aplikasi GoFood sehingga secara APC (Average Per Check/ Rata-rata nilai belanja) konsumen akan meningkat.
Nah setelah tau manfaatnya, wajib dong kita juga harus mulai memikirkan dan menyusun strategi untuk melakukan Brand Collaboration ini, jangan sampe nanti pesaing kita yang menjalankan dan malah mendapatkan benefitnya.
Apa yang harus dilakukan agar ide brand collaboration bisa cepat di EKSEKUSI oleh temen-temen semua? Ini 5 tips nya:
1.Cari Brand Kolaborator
Cari brand yang kira-kira bisa diajak kolaborasi. Apakah harus brand kuliner juga? Ga mesti, bisa jadi misalnya brand nasional seperti GoFood, Telkomsel, Apparel seperti Erigo, Brodo, Games, dll. Intinya manfaat yang kita target di atas bisa terealisasi.
2. Setting Target Kolaborasi
Diskusikan target kolaborasi brand ini, jangan sampai hanya heboh heboan kolaborasi tanpa tujuan yang jelas. Lihat 5 poin di atas.
3. SOP & Pembagian Tugas
Bahas dengan brand kolaborator SOP dan tugas masing-masing, semua dibuat tertulis sehingga semua pihak komitmen untuk menjalankan apa yang sudah menjadi kewajibannya.
4. Implementasi & Kontrol
Eksekusi sesuai dengan timeline waktu yang sudah disepakati dan lakukan kontrol secara berkala dampak dari kolaborasi tersebut. Misal, lakukan meeting update mingguan agar tau hasil dan kendala yang ada di lapangan.
5. WOW FACTOR & Media Exposure
Ini super penting nih, maksimalkan publikasi di seluruh media baik yg dimiliki oleh kedua brand yang berkolaborasi (IG, Reels, Youtube, WA, Email) dan tentu saja kunci kolaborasi ini bisa mendapatkan EFEK VIRAL adalah dengan memiliki WOW FACTOR dari kolaborasi yang dibuat. Contoh WOW FACTOR dari Baso Aci Akang dan Nyambel ini adalah konsep PERNIKAHAN Arief Muhammad dan Mgdalenafnya.
6. Evaluasi Hasil Kolaborasi
Lakukan evaluasi dari hasil kolaborasi ini sesuai dengan OBJECTIVE atau TARGET yang ingin dicapai. Dalam hal ini kedua belah brand harus bisa saling terbuka untuk memberikan data.
7. Improvement
Apapun hasilnya, pastikan kita terus melakukan improvement dan jangan cepat berpikir instan mau langsung sukses, karena bisa jadi konsepnya kurang tepat maka segara diperbaiki untuk kemudian dicoba Kembali.
8. Aspek Legal / Perjanjian
Selalu dan selalu pastikan semua kerjasama tertulis dan ada dasar hukumnya agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari, biarpun brand yang kita ajak kerjasama misalnya temen sendiri, Justru perjanjian itu menjadi poin penting untuk menghindari konflik ke depannya.
Nah udah tau nih MANFAAT dan cara berkolaborasinya khan, tapi sebelum ACTION perhatikan beberapa catatan penting di bawah juga yah biar nanti kita tidak salah langkah dalam melakukan kolaborasi atau misalnya salah memilih partner yang tepat.
1.Value Brand
Pastikan brand yang kita ajak berkolaborasi punya value yang sama atau tidak bertentangan dengan brand value kita. Sederhananya nih, misalnya brand kita adalah brand Halal, yah jangan kemudian berkolaborasi dengan brand NON Halal karena ini jadi kontradiktif.
2.Target Market
Pastikan juga ketika berkolaborasi, brand yang kita ajak tersebut punya target market yang memang ingin kita garap atau rencana kita garap. Jika tidak tentu hasilnya tidak akan sesuai dengan tujuan dari kolaborasi.
3.Brand Image
Terakhir perhatikan juga terkait dengan Brand Image, jangan sampai kolaborasi yang ada membuat brand image kita balik menjadi terkena negative impact, karena satu dan lain hal.
Nah sudah siapkan untuk BERKOLABORASI, yuk ACTION sebelum PESAING yang ACTION duluan.
Semoga Bermanfaat & Keep Learning.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}