Dari mana ide dan improvement secara continue bisa kita dapatkan secara murah dan mudah? Juga yang lebih penting lagi tajam dan tepat sasaran?
Salah satunya adalah dari KONSUMEN yang SUDAH MEMBELI produk kita tentunya, baik mereka membeli secara Dine In, via Delivery Online, maupun melalui channel penjualan lain seperti WA Business, Customer Service, Marketplace, dll.
Nah masalah nya apakah sering dan secara continue kita lakukan? Jika tidak mengapa? Bukannya konsumen yang sudah membeli ini sangat tepat untuk memberikan berbagai masukan dan input?
Coba kita lihat beberapa manfaat penting melakukan CUSTOMER SURVEY / Survey Konsumen secara rutin bagi bisnis kuliner kita:
1. REKOMENDASI
Mengetahui apakah konsumen puas dengan brand kita dan mau merekomendasikan brand kita. Hal ini menjadi ukuran penting apakah brand kita cukup kuat dan punya potensi untuk tetap sustain dn berkembang ke depannya. Dari 100 konsumen yang datang, berapa persen yang secara sukarela, atau melalui sebuah program, mau dan bersedia untuk mempromosikan kembali brand kita? Ini indikator yang sangat penting untuk kita ketahui karena impact nya sangat besar bagi bisnis kita loh, karena konsumen yang puas adalah MEDIA PROMOSI TERBAIK dan TERMURAH bagi bisnis kuliner.
2. TITIK LEMAH
Mengetahui berbagai kekurangan dan titik lemah yang masih perlu diperbaiki agar konsumen tetap loyal dengan brand kita juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan mengetahui titik lemah ini, kita bisa segera berbenah dan melakukan improvement, sehingga tidak berkembang dan memunculkan ketidakpuasan bagi konsumen yang pada, yang pasa akhirnya bisa membuat mereka meninggalkan brand kita.
3. INSIGHT dan IDE
Mendapatkan berbagai masukan / insight untuk terus melakukan inovasi, sehingga brand kita tetap relevan dan selalu menjadi pilihan konsumen. Insight dan ide ini juga mempermudah kita untuk membuat langkah stratejik dan program-program yang tepat untuk terus mempertahankan konsumen kita, serta juga terus meningkatkan kinerja bisnis kita.
4. KPI TEAM
Menjadi ukuran kinerja (KPI) untuk team yang terlibat langsung melayani konsumen kita. Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan, agar dapat memberikan apresiasi atau evaluasi terhadap tim untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja tim.
5. BRAND POSITIONING
Mengetahui kekuatan utama brand kita di benak konsumen agar bisa kita tingkatkan dan menjadi poin utama dalam membangun brand ke depannya. Survey konsumen juga dapat memperlihatkan apakah kegiatan branding kita sudah sesuai dengan harapan kita dalam membentuk positioning brand, atau malah sebaliknya, positioning yang terbangun malah tidak sesuai dengan harapan kita.
6. PROFITABILITY
Survey konsumen juga menjadi hal yang sangat penting untuk kita bisa meningkatkan kinerja bisnis kuliner kita, contoh ajah dengan data pembelian konsumen, kita bisa melihat trend produk yang dibeli oleh konsumen dan mengetahui alasan mengapa konsumen membeli produk tersebut. Jika kita mengetahui informasi ini, maka kita bisa mengkaji berbagai hal yang terkait dengan bagaimana profit kita bisa meningkat, misalnya HPP, PROSES pembuatan produk yang seperti apa yang bisa lebih efisien untuk ke depan nya.
7. COMPETITION
Survey konsumen juga bisa membuat kita untuk lebih AWARE dan WASPADA terhadap kompetitor dengan memanfaatkan berbagai informasi yang kita dapatkan dari konsumen. Yah asumsinya tentu ajah konsumen kita juga pergi ke kompetitor. Apa yang menyebabkan mereka pergi ke kompetitor, apa yang mereka suka dari produk kompetitor atau faktor apa yang membuat mereka tidak lagi datang ke kompetitor. Informasi seperti ini sangat penting untuk kita dalam menyusun strategi dan taktik untuk bisa memberikan yang terbaik bagi konsumen agar mereka loyal.
8. PEMBELIAN ULANG / REPEAT ORDER
Survey konsumen juga sangat penting untuk kita dalam melakukan tracking dan mengetahui % pembelian ulang yang akan terjadi dikemudian hari. Jika kita mengetahui % ini, maka kita bisa menghemat biaya untuk mendatangkan konsumen baru, dan ini impact nya jelas akan membuat profit perusahaan juga bisa dijaga atau bahkan meningkat. Selain itu kita juga bisa memfokuskan kegiatan kita pada program yang lebih tepat sasaran, yaitu mengelola konsumen yang sudah loyal dengan brand kita.
Nah 8 poin di atas sudah memberikan gambaran betapa pentingnya melakukan survey konsumen, pertanyaannya balik lagi nih, temen-temen sudah melakukannya blom? Eh atau malah lebih parah lagi yah, ga punya database konsumen yang mau di survey? GAWAT!!
Foodpreneur, yuk mulai biasakan untuk meminta database konsumen yang membeli produk kita (Nama, No HP, Email minimal), bagaimana caranya?
1. OTOMATIS
Pake POS yang bisa input database konsumen kita, contoh misalnya Atur Kuliner, Moka POS, ESB, dll.
2. KELOLA
Nah pastikan POS yang dipake bisa mengelola databasenya, misalnya terkoneksi dengan layanan WA API atau email blast, klo enggak ya cuma nyimpen dan analisa ajah fungsinya, tidak sampai bisa connect to customer secara langsung.
3. SOP WAJIB
Jadiin SOP ke kasir, kasih target harus dapet database konsumen, apalagi klo pembelian langsung oleh konsumen tidak melalui delivery online, seperti Dine In, Drive Thru, WA order, dll.
4. CATAT MANUAL
Ini kalo mentok banget yah kalo belom pake POS, yah minimal dibiasakan catat, sehingga kita bisa tetap melakukan survey konsumen karena memiliki database konsumen kita.
"Wah Foodizz tapi khan sering kali konsumen ga mau kasih databasenya pas di minta" .....
Mintanya bener ga? Klo cuman minta tanpa ada PROGRAM yang menarik buat konsumen yah ngapain ngasih database, tapi jika misalnya:
"Halo kak kita boleh minta databasenya karena kakak konsumen loyal yang sudah berbelanja di sini, kita bakal ada rutin promo buat konsumen loyal sampe dengan 30% discount, sama jika kita ada menu baru, kakak juga special akan kita beritahu duluan..."
Nah beda khan? Hal ini juga secara tidak langsung "MINTA IZIN" ke konsumen untuk ke depan kita bisa follow up no. HP ato emailnya, PERMISSION MARKETING.
Yuk Praktekin. AMBIL DATA, SURVEY DATA, BUAT CUAN.
Semoga bermanfaat & Keep Learning
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini, tentunya dengan mencantumkan sumber nya: www.foodizz.id/artikel, yuk kita saling menghargai karya dan upaya dalam membuat konten
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}