Memahami funneling atau ALUR PENJUALAN dalam menjalankan bisnis kuliner adalah salah satu ilmu yang sangat penting bagi Sahabat Foodizz, karena penjualan adalah kunci segala aktivitas bisnis, no sales no business. Selain itu dengan memahami ALUR PENJUALAN / funneling, kita bisa lebih efektif dan terukur dalam menyusun strategi dan program pemasaran.
Contoh, bagaimana kita menyusun strategi untuk target market yang sama sekali belum tau, atau belum pernah datang dan membeli ke brand kita, tentu akan berbeda dengan konsumen yang sudah datang dan pernah membeli, bener ga? Tanpa memahami ALUR PENJUALAN, bisa jadi apa yang kita lakukan malah jadi tidak EFEKTIF dan BAKAR DUIT, inginnya dapat CUAN lebih gede, malah sebaliknya BONCOS lebih besar.
Nah pertanyaannya, seperti apa sih FUNNELING atau ALUR PENJUALAN dalam bisnis kuliner? ini rumusnya A.S.S.R.A.R, Hah gimana tuh? Yuk ga usah panjang lebar kita bahas sekarang.
Liputan yang dilakukan oleh KOL / Influencer / Media
Mendapatkan iklan dari social media
Kebetulan lewat dan lihat outletnya
Mendapatkan informasi dari teman (rekomendasi)
Brand awareness ini bisa didapatkan secara GRATIS maupun lazimnya BERBAYAR (iklan / endorse). Dalam hal ini untuk mendapatkan brandawareness yang maksimal pastikan KONTEN & PROGRAM yang kita lakukan punya WOW FACTOR atau HOOK yang memang menarik, sehingga ada banyak target market yang bisa dijangkau dan memperhatikan KONTEN brand kita. (Silahkan baca kembali artikel WOW factor dan artikel konten).
2. SEARCH (Mencari Tahu)
Setelah terbangun awareness, target market akan mulai melakukan searching
Mereka akan cek akun Instagram dan akun TikTok
Mereka akan melihat-lihat berbagai informasi gambar dan video
Mereka akan mencari berbagai review terkait brand kita
Perhatikan detail informasi yang tersaji, contoh alamat, nomor WA, halal, dll
Image dan video juga harus lengkap dan jelas, serta menarik
Tonjolkan WOW factor yang dimiliki, buat highlight, dan PIN di Instagram
Perhatikan juga Google Review kita, dikelola dengan baik.
SEARCH ini adalah momen kunci apakah target market punya KEINGINAN YANG KUAT untuk datang atau tidak, karena itu berbagai poin di atas betul-betul harus diperhatikan.
3. SAVE & SHARE (Membagikan dan Menyimpan)
Ketika ada KEINGINAN KUAT untuk datang, target market akan save dan share
Save di social media mereka (IG atau TikTok) untuk di cek kembali nanti
Bisa juga share di group atau teman terdekat untuk mengajak datang
Di poin ini, PELUANG untuk target market datang sudah sangat besar
Tapi bisa jadi waktunya yang belom tepat saat ini
Misalnya mereka liat poin no 1 nya malam hari atau pas lagi puasa, atau bisa juga sedang berbeda kota
Jadi pasti yg dilakukan adalah menyimpan dahulu informasinya.
4. RECALL & ENGAGE (Diingatkan Kembali)
Kadang sudah TERTARIK dan di SAVE juga bisa jadi lupa untuk datang
Karena jaman sekarang sudah OVER INFORMATION
Belum tentu hanya informasi tentang kita yang di SAVE (simpan)
Jadi target market perlu untuk di RECALL, diingatkan berulang
Bisa melalui media yang kita miliki (IG, TikTok)
Bisa juga melalui kegiatan promosi yang dilakukan secara berkala
Karena itu budget promosi untuk AWARENESS itu harus di atur waktunya
Jangan semua bersamaan dihabiskan di satu waktu
Termasuk juga misalnya jadwal posting KOL / influencer, atur waktunya
Misalnya selang jarak 3 hari sehingga ada RECALL EFFECT.
Recall lebih powerfull jika diikuti PENAWARAN atau PROGRAM
Misalnya, khusus minggu ini Buy 1 Americano Free Es Kopi Susu
5. ACTION (Datang dan Membeli)
Akhirnya konsumen datang dan membeli setelah journey poin 1-4
Pastikan apa yang kita komunikasikan / iklankan memang sesuai
Perhatikan layanan yang membuat mereka puas dan senang
Tanyakan dari mana mereka tau tentang brand kita untuk bahan evaluasi
6. RECOMMENDATION (Ulasan dan Ajakan)
Nah ini bagian yang paling penting setelah konsumen membeli
Bagaimana membuat mereka memberikan rekomendasi untuk brand kita
Khususnya membuat mereka POSTING di SOSMED
Serta memberikan POSITIVE REVIEW di SOSMED / GOOGLE atau platform lain
Karena itu pengalaman keseluruhan mereka sangat penting
Mulai dari LAYANAN yang EXCELLENT, PRODUCT yg WOW, KONSEP tempat keren
Bisa juga kita SIAPKAN PROGRAM khusus agar mereka memberikan rekomendasi
Misalnya, FREE TIRAMISU or CHESEE CAKE untuk POSTING atau REVIEW
Jika terjadi KOMPLAIN, pastikan segera selesaikan di LOKASI
Kasih KOMPLIMEN sehingga komplainnya tidak menyebar di sosmed.
Konsumen memberikan REKOMENDASI itu artinya PROMOSI GRATIS
Inilah 6 langkah funneling dalam bisnis kuliner, setiap langkahnya sangat penting untuk di susun strategi dan programnya, sehingga pada akhirnya kita bisa mendapatkan IMPACT yang maksimal yaitu SALES TERCAPAI dengan LOW BUDGET, sehingga PROFIT bisa lebih tinggi.
Sahabat Foodizz, semoga bahasan kali ini bermanfaat buat sahabat semua dan saling mendoakan untuk kebaikan kita semua, bisnis Sahabat Foodizz berkembang pun demikian Foodizz Academy juga bisa terus berkembang dan menjadi manfaat bagi Sahabat Kuliner semua.
#Penjualan #Sales
www.foodizz.id 1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
https://lms.foodizz.id/ Aplikasi Training & Edukasi Perusahaan
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.