Sales

6 Langkah Funneling dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 10 April 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

Memahami funneling atau ALUR PENJUALAN dalam menjalankan bisnis kuliner adalah salah satu ilmu yang sangat penting bagi Sahabat Foodizz, karena penjualan adalah kunci segala aktivitas bisnis, no sales no business. Selain itu dengan memahami ALUR PENJUALAN / funneling, kita bisa lebih efektif dan terukur dalam menyusun strategi dan program pemasaran.

Contoh, bagaimana kita menyusun strategi untuk target market yang sama sekali belum tau, atau belum pernah datang dan membeli ke brand kita, tentu akan berbeda dengan konsumen yang sudah datang dan pernah membeli, bener ga? Tanpa memahami ALUR PENJUALAN, bisa jadi apa yang kita lakukan malah jadi tidak EFEKTIF dan BAKAR DUIT, inginnya dapat CUAN lebih gede, malah sebaliknya BONCOS lebih besar.

 

Nah pertanyaannya, seperti apa sih FUNNELING atau ALUR PENJUALAN dalam bisnis kuliner? ini rumusnya A.S.S.R.A.R, Hah gimana tuh? Yuk ga usah panjang lebar kita bahas sekarang.

 

A: AWARENESS
S: SEARCH
S: SAVE & SHARE
R: RECALL & ENGAGE
A: ACTION
R: RECOMMENDATION

 

1. AWARENESS (Kesadaran Merek)

  • Melihat reviews di social media (TikTok, IG)
  • Liputan yang dilakukan oleh KOL / Influencer / Media
  • Mendapatkan iklan dari social media
  • Kebetulan lewat dan lihat outletnya
  • Mendapatkan informasi dari teman (rekomendasi)

Brand awareness ini bisa didapatkan secara GRATIS maupun lazimnya BERBAYAR (iklan / endorse). Dalam hal ini untuk mendapatkan brand awareness yang maksimal pastikan KONTEN & PROGRAM yang kita lakukan punya WOW FACTOR atau HOOK yang memang menarik, sehingga ada banyak target market yang bisa dijangkau dan memperhatikan KONTEN brand kita. (Silahkan baca kembali artikel WOW factor dan artikel konten).

 

2. SEARCH (Mencari Tahu)

  • Setelah terbangun awareness, target market akan mulai melakukan searching
  • Mereka akan cek akun Instagram dan akun TikTok
  • Mereka akan melihat-lihat berbagai informasi gambar dan video
  • Mereka akan mencari berbagai review terkait brand kita
  • Perhatikan detail informasi yang tersaji, contoh alamat, nomor WA, halal, dll
  • Image dan video juga harus lengkap dan jelas, serta menarik
  • Tonjolkan WOW factor yang dimiliki, buat highlight, dan PIN di Instagram
  • Perhatikan juga Google Review kita, dikelola dengan baik.

SEARCH ini adalah momen kunci apakah target market punya KEINGINAN YANG KUAT untuk datang atau tidak, karena itu berbagai poin di atas betul-betul harus diperhatikan.

 

3. SAVE & SHARE (Membagikan dan Menyimpan)

  • Ketika ada KEINGINAN KUAT untuk datang, target market akan save dan share
  • Save di social media mereka (IG atau TikTok) untuk di cek kembali nanti
  • Bisa juga share di group atau teman terdekat untuk mengajak datang
  • Di poin ini, PELUANG untuk target market datang sudah sangat besar
  • Tapi bisa jadi waktunya yang belom tepat saat ini
  • Misalnya mereka liat poin no 1 nya malam hari atau pas lagi puasa, atau bisa juga sedang berbeda kota
  • Jadi pasti yg dilakukan adalah menyimpan dahulu informasinya.

 

4. RECALL & ENGAGE (Diingatkan Kembali)

  • Kadang sudah TERTARIK dan di SAVE juga bisa jadi lupa untuk datang
  • Karena jaman sekarang sudah OVER INFORMATION
  • Belum tentu hanya informasi tentang kita yang di SAVE (simpan)
  • Jadi target market perlu untuk di RECALL, diingatkan berulang
  • Bisa melalui media yang kita miliki (IG, TikTok)
  • Bisa juga melalui kegiatan promosi yang dilakukan secara berkala
  • Karena itu budget promosi untuk AWARENESS itu harus di atur waktunya
  • Jangan semua bersamaan dihabiskan di satu waktu
  • Termasuk juga misalnya jadwal posting KOL / influencer, atur waktunya
  • Misalnya selang jarak 3 hari sehingga ada RECALL EFFECT.
  • Recall lebih powerfull jika diikuti PENAWARAN atau PROGRAM 
  • Misalnya, khusus minggu ini Buy 1 Americano Free Es Kopi Susu

 

5. ACTION (Datang dan Membeli)

  • Akhirnya konsumen datang dan membeli setelah journey poin 1-4
  • Pastikan apa yang kita komunikasikan / iklankan memang sesuai
  • Perhatikan layanan yang membuat mereka puas dan senang
  • Pastikan database nya bisa kita dapatkan (baca artikel soal database)
  • Tanyakan dari mana mereka tau tentang brand kita untuk bahan evaluasi

 

6. RECOMMENDATION (Ulasan dan Ajakan)

  • Nah ini bagian yang paling penting setelah konsumen membeli
  • Bagaimana membuat mereka memberikan rekomendasi untuk brand kita
  • Khususnya membuat mereka POSTING di SOSMED 
  • Serta memberikan POSITIVE REVIEW di SOSMED / GOOGLE atau platform lain
  • Karena itu pengalaman keseluruhan mereka sangat penting
  • Mulai dari LAYANAN yang EXCELLENT, PRODUCT yg WOW, KONSEP tempat keren
  • Bisa juga kita SIAPKAN PROGRAM khusus agar mereka memberikan rekomendasi
  • Misalnya, FREE TIRAMISU or CHESEE CAKE untuk POSTING atau REVIEW
  • Jika terjadi KOMPLAIN, pastikan segera selesaikan di LOKASI
  • Kasih KOMPLIMEN sehingga komplainnya tidak menyebar di sosmed.
  • Konsumen memberikan REKOMENDASI itu artinya PROMOSI GRATIS

 

Inilah 6 langkah funneling dalam bisnis kuliner, setiap langkahnya sangat penting untuk di susun strategi dan programnya, sehingga pada akhirnya kita bisa mendapatkan IMPACT yang maksimal yaitu SALES TERCAPAI dengan LOW BUDGET, sehingga PROFIT bisa lebih tinggi.

Sahabat Foodizz, semoga bahasan kali ini bermanfaat buat sahabat semua dan saling mendoakan untuk kebaikan kita semua, bisnis Sahabat Foodizz berkembang pun demikian Foodizz Academy juga bisa terus berkembang dan menjadi manfaat bagi Sahabat Kuliner semua.

 

#Penjualan
#Sales

 

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

https://lms.foodizz.id/
Aplikasi Training & Edukasi Perusahaan

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini

 

{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru