Inovasi

5 Tips Melakukan Inovasi pada Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 15 Juli 2021
Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Di dunia bisnis, siapa yang bisa berinovasi dialah yang bisa stand out. Oleh karenanya hingga saat ini ide bisnis baru terus bermunculan, tidak ada matinya. Setiap hari akan terus muncul inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dan menghasilkan produk baru di pasaran.
Perlu untuk Sahabat Foodizz ingat, bisnis adalah tentang bertahan dan berkembang di arus pasar, untuk itu kita wajib melakukan inovasi agar tidak kehilangan pasar.

Yang jadi masalah sekarang adalah banyak yang beranggapan bahwa untuk bisa berinovasi kita harus punya bakat dan lain-lain. Namun nyatanya dengan melatih cara berpikir dan kerja keras, siapapun kita pasti bisa membuat inovasi.

 

Berikut 5 tips yang bisa dilakukan untuk membuat inovasi bisnis:

 

1. Lihat Sekeliling Kita dan Ambil Ide dari Sana

Ide baru bisa berasal dari mana saja. Cobalah untuk melihat sekeliling kita, apakah hal unik yang bisa diambil dan diterapkan pada produk makanan kita? Bisa jadi ide tersebut berasal dari lingkungan sekitar rumah, tetangga, atau lingkungan pergaulan, dimana kita tidak menyadarinya.

 

2. Feedback dari Konsumen

Kebanyakan ide-ide untuk membuat produk baru justru datang karena keinginan dan kebutuhan konsumen. Konsumen adalah orang yang paling tahu apa yang mereka butuhkan, oleh karena itu jangan abaikan ide dari mereka. Karena biasanya para konsumen menginginkan pemilik usaha mengembangkan produknya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ambil contoh, misalnya kita memiliki pasar cemilan di kalangan vegetarian. Pasti sebagai vegetarian mereka tidak mau pola hidup sehatnya terganggu oleh cemilan yang dijual. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menciptakan cemilan yang menggunakan bahan dasar sayuran dengan rendah kalori, dan sebagainya.
 

3. Selalu Up to Date

Jika kita ingin survive, kita harus mengikuti setiap perkembangan dunia bisnis, baik info pasar, konsumen, termasuk dalam hal inovasi.

Bahkan jika perlu, kita juga harus mengikuti perkembangan pesaing. Inovasi produk yang dilakukan oleh orang lain bisa jadi memberikan inspirasi untuk melakukan hal yang lebih. Tidak bisa dipungkiri, banyak pengusaha yang memandang langkah inovasi yang dilakukan oleh pesaing itu biasa saja, kita jangan sampai terjebak dalam mindset tersebut. Justru langkah inovasi mereka harus dijadikan acuan agar bisnis kita melakukan hal yang serupa.

 

4. Jangan Takut untuk Mengubah

Supaya bisa melangkah maju dalam inovasi, kita harus berani untuk mengambil langkah bahkan harus merubah sistem yang sudah ada. Jangan takut membawa bisnis melawan arus populer mungkin kelak bisnis kita yang akan menjadi pusat perhatian banyak orang.

Misalnya dengan cara merubah resep makanan atau minuman. Kebanyakan para pengusaha takut merubah yang sudah ada sejak lama sehingga mereka selalu tertinggal dari mereka yang berani untuk melakukan perubahan. Tidak semua langkah inovasi menuntut untuk perubahan hingga hal mendasar, namun apabila hal tersebut diperlukan untuk kesuksesan yang lebih besar, kita harus berani untuk melakukannya.

 

5. Mulai Berpikir Kreatif

Wajib hukumnya jika kita ingin melakukan inovasi bisnis adalah kreatif. Kita harus merangsang otak untuk berkreasi semaksimal mungkin. Jangan dulu nyaman dengan kondisi pencapaian saat ini, karena kompetitor baru yang lebih inovatif sangat mungkin melengserkan bisnis kita. Carilah ide-ide baru sebanyak mungkin dengan cara analisa pasar. Kemudian analisa lagi ide-ide tersebut kelihatannya memiliki potensi sukses lebih besar.

Semoga artikel diatas bisa membantu kita untuk mulai berpikir kreatif dan inovatif.

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru