Digital marketing atau strategi pemasaran online sudah sangat lazim dilakukan di era serba digital seperti saat ini.
Teknik pemasaran ini dapat mempermudah pelaku bisnis untuk menjangkau target pasar secara lebih luas.
Dalam melakukan strategi pemasaran online, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pelaksanaannya lebih efektif.
Simak selengkapnya di artikel ini!
Mengutip laman Populix, pemasaran online atau digital marketing adalah sebuah usaha memperkenalkan produk kepada khalayak melalui internet atau secara digital.
Di era serba digital seperti saat ini, internet memang menjadi salah satu kebutuhan utama khalayak, termasuk dalam mengembangkan bisnis.
Dengan demikian, kegiatan pemasaran online ini bisa menjadi pilihan utama bagi para pebisnis dalam menyusun strategi marketing.
Sejumlah perusahaan pun memanfaatkan strategi digital marketing ini untuk memperoleh konsumen lebih banyak.
Penerapan digital marketing bisa jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional.
Akan tetapi, digital marketing ini dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan produk ataupun jasa yang ditawarkan.
Mengutip Populix, berikut ini contoh strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan.
Strategi ini bermanfaat untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa bisnis yang Anda tawarkan.
Misalkan Anda memiliki bisnis kuliner, Anda bisa menjelaskan tentang bahan baku dari produk tersebut, varian rasanya, tips mengolah, serta informasi relevan lainnya.
Informasi tersebut dapat disampaikan dalam bentuk narasi artikel, gambar ataupun ilustrasi, serta video tutorial.
Anda dapat mengunggah konten yang telah diproduksi di blog maupun media sosial.
Fokus dari strategi pemasaran online CRM yaitu menjalin hubungan baik dengan konsumen tetap.
Melalui cara ini, pebisnis dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen untuk menjadi reputasi brand.
Tujuannya tentu saja agar konsumen penasaran dan tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.
Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) termasuk strategi pemasaran online yang cukup efektif dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google.
Kedua strategi ini dapat memfokuskan target pasar bisnis Anda lebih spesifik dan relevan dengan produk yang dipromosikan.
Strategi KOL atau influencer pun sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis.
Khalayak saat ini mulai lebih percaya dengan pemasaran yang dilakukan KOL, dibandingkan sekadar melihat iklan yang tayang.
Sebab, sering kali KOL atau influencer memang memberikan ulasan atau review jujur berdasarkan pengalaman pribadi saat memakai maupun mencoba produk yang sedang mereka promosikan.
Strategi ini dapat membantu meningkatkan brand awareness hingga menjangkau lebih banyak audience.
Akan tetapi, Anda harus benar-benar memilih KOL yang memang memiliki kredibilitas baik, serta relevan dengan bisnis Anda.
Contoh, jika bisnis Anda di bidang F&B, maka Anda bisa memilih KOL atau influencer yang memang suka memberikan ulasan soal kuliner seperti food vlogger.
Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran online yang dilakukan dua pihak untuk memperoleh keuntungan bersama.
Umumnya strategi ini dilakukan para pelaku bisnis yang berkolaborasi dan memiliki kecenderungan yang sama. Contohnya food vlogger dengan pebisnis F&B.
Mereka dapat mempromosikan serta merekomendasikan produk di media sosial dan memberikan kode referal sebagai bentuk kerja sama.
Dengan cara seperti itu nantinya mereka akan memperoleh komisi dari setiap penjualan dengan menggunakan kode referal.
Dalam menjalankan strategi pemasaran online, ada satu hal yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu melakukan survei khalayak agar eksekusinya lebih tepat sasaran.
Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Poplite by Populix.
Poplite by Populix adalah platform survei self-service berbasis online yang dapat membantu pelaku bisnis mendapatkan feedback langsung target pasar dan data yang berkualitas, kredibel, serta relevan dari 300.000+ responden di seluruh Indonesia.
Yuk, buat survei dengan Poplite untuk memperkuat strategi pemasaran online bisnis Anda!
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}