Digital Marketing

5 Alasan Foodpreneur HARUS BANGET Menggunakan TikTok untuk Bisnisnya!

  • Oleh: Foodizz Team
  • Diunggah 22 Juli 2021

 

1. Fastest Growing Social Media Platform OF THE DECADE!

Sejak menyentuh angka satu miliar download pada Februari 2019, TikTok tumbuh dengan pesat. Di 2020, jumlah download aplikasi ini di PlayStore dan AppStore sudah menyentuh 2 miliar download! Instagram sendiri butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapai jumlah tersebut. Secara singkat, TikTok menarik atensi dengan cepat, dan tentunya akan terus tumbuh. Ingat masa di mana bisnismu masih asik main di Twitter dan terlambat mencoba Instagram sehingga akhirnya “kudet” dan kesulitan membangun komunitas dan pamor di sana? Jangan ulangi kesalahan itu!

 

Berikut beberapa statistik perkembangan TikTok:

- Memiliki lebih dari 800.000 juta pengguna aktif sedunia per 2020

- Sudah didownload sebanyak 2 miliar kali di PlayStore dan AppStore

- Memiliki user aktif di 154 negara di seluruh dunia.


 

2. 60% Penggunanya merupakan Gen Z ers! Yes… soon mereka akan menjadi Largest Generation of All!

App creator TikTok sendiri mengatakan bahwa TikTok dirancang dengan menargetkan audience berusia di bawah 18 tahun sebagai market utamanya. Bagi bisnis yang menargetkan Gen Z, tentu platform ini merupakan media yang cocok tidak hanya untuk berpromosi dan membangun interaksi, tapi juga mencari tahu habit dan trend yang diminati oleh target market usia tersebut! Gak tau kan lagi ada trend Mix n Match baju sesuai House of Hogwarts? Atau trend Ghost Photography? Gimana mau bikin konten yang menarik minat (dan tentunya menjual!) bagi target marketmu yang merupakan market Gen Z kalau nggak tau mereka lagi rame ngomongin apa?


 

3. Siapapun Punya Kesempatan untuk Terkenal!

Berbeda dengan Instagram dan YouTube di mana “pamor” ditentukan dari nama besar sejak awal, TikTok memiliki algoritma yang menarik. Mendadak muncul seleb TikTok yang sebelumnya “bukan siapa-siapa.” Kuncinya? Konten yang menarik! Tenang… ada 1 miliar video TikTok yang ditonton SETIAP HARINYA! Banyak inspirasi, banyak insight, banyak referensi, banyak pula audiencenya, tentu kita juga punya peluang dong, buat stand out dengan konten dari bisnis kita!


 

4. Banyak Content Creator Bertebaran!

Siapapun bisa jadi content creator di TikTok! Konten lucu, konten inspiratif, konten apapun bisa kamu temukan dari jutaan content creator super kreatif! Hal ini berarti, Foodpreneurs bisa banget mengajak content creator tersebut untuk kerja sama dan memproduksi konten untuk bisnismu! Dengan authenticity yang mereka punya, karya mereka bisa dibuat sangat native dengan tujuan agar siapapun yang melihat gak sadar kalau itu iklan!


 

5. Bisa Beriklan Lewat TikTok for Business

Selain beriklan melalui endorsement lewat seleb TikTok, sekarang sudah tersedia TikTok for Business yang dashboardnya memiliki tampilan dan proses mirip sekali dengan Facebook Ads Manager! Jadi bagi kamu Foodpreneurs yang sudah terbiasa beriklan lewat Facebook / Instagram Ads, tidak akan kesulitan memahami “mesin” pengatur iklan bisnismu.

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Sumber Gambar: Unsplash.com

 

 

Dapatkan Full Access E-Course disini 
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru