12 Alasan Pentingnya Teknologi dalam Bisnis Kuliner
Oleh: Admin Foodizz
Diunggah 13 Agustus 2022
Sumber Gambar: Unsplash.com
Peran teknologi dalam bisnis kuliner saat ini menjadi sangat STRATEJIK, teknologi akan membuat kita bisa meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan sekaligus tentu mendorong bisnis kita tumbuh (sales, profit) serta sustain dalam jangka waktu lama.
Di sini lain, KETINGGALAN atau telat melakukan ADOPSI teknologi dapat membuat bisnis kita dalam masalah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Banyak sekali peluang yang mungkin kita lewatkan di satu sisi, di sisi lain juga membuat BRAND kita akan semakin tidak relevan di mata target market.
"Saya khan UMKM" "Saya khan usaha rumahan"
Silahkan Sahabat Foodizz bisa bersembunyi di balik kalimat "MAKLUM" tapi jangan lupa loh, Anda PUNYA PESAING yang mungkin mereka melihat penggunaan teknologi sebagai kesempatan untuk memenangkan pesaing dan tumbuh menjadi besar. Apakah kita akan membiarkan hal ini?
Nah kali ini kita coba lihat yuk 12 alasan penting mengapa Sahabat Foodizz wajib untuk PAY ATTENTION (menyimak) dan kemudian mencoba bertahap MENGADOPSI teknologi, sehingga bisnis Sahabat Foodizz bisa terus berkembang dan sustain ke depannya. Are You ready? Let's goo..
1. REDUCE COST = Mengurangi Biaya
Penggunaan teknologi dapat mengurangi biaya cukup besar
Contoh. Penggunaan aplikasi menu digital membuat konsumen dapat memesan dan bayar di meja dengan hanya scan QR, order bisa diterima kasir, dan langsung dibuat di dapur, sehingga BIAYA karyawan service bisa berkurang signifikan.
Contoh. Cloud Kitchen yang membuat biaya CAPEX (modal awal) rendah sehingga kita dapat mengembangkan perusahaan kita dengan lebih cepat.
Contoh. Menggunakan TikTok membuat brand awareness dan usaha mendorong traffic menjadi lebih murah, karena algoritma dan jangkauannya sangat luas tanpa harus memiliki follower banyak terlebih dahulu, kuncinya di konten.
2. STANDARIZATION OF PRODUCT & SERVICE = Menjadi Standarisasi Produk dan Layanan
Teknologi membuat kita lebih mudah melakukan kontrol kegiatan operasional secara realtime.
Contoh. Teknologi Video Learning Management membuat kita lebih mudah untuk membuat training standarisasi produk dan layanan baik itu baru 1 cabang maupun sudah banyak cabang, berbeda dengan dulu, untuk memberikan training mengharuskan kita punya tim training yang banyak untuk keliling secara rutin.
Contoh penggunaan teknologi Zenput membuat kita bisa melakukan kontrol kegiatan operasional sehari-hari cukup dari device yang kita miliki sehingga kita dapat melakukan kontrol online biarpun cabang kita cukup banyak.
3. SCALLING FAST = Tumbuh Lebih Cepat dibandingkan pesaing
Teknologi memudahkan kita untuk melakukan SCALE dan bertumbuh dengan cepat namun juga rapih dan terkontrol.
Contoh penggunaan Learning Management System membuat kita mudah untuk memberikan training secara rutin.
Contoh penggunaan Close Loop Market Place seperti aturkuliner membuat seluruh cabang kita baik milik sendiri ataupun mitra menjadi mudah proses belanja bahan bakunya sampai dengan pembayarannya.
Database konsumen adalah harta karun setiap pebisnis kuliner
Biaya mendatangkan konsumen bisa lebih mahal 4x lipat dibandingkan mengelola konsumen yang sudah ada.
Teknologi POS yang di dalamnya ada CRM menjadi sangat penting dan wajib tentunya.
Namun tidak cukup itu saja, CRM tersebut juga harus bisa terkoneksi dengan layanan lain seperti Email, WA Blast (API) sehingga bisa diutilisasi untuk mendatangkan Traffic dan Sales.
Ingat konsumen loyal artinya mereka akan terus membeli dan merekomendasikan brand kita.
Selain melalui POS juga bisa dengan membuat aplikasi sendiri seperti Kopi Kenangan.
5. STAY RELEVANT WITH TARGET MARKET = Brand Masih Relevan
Apa yang membuat brand bisa sustain? Salah satunya relevansi dengan target market. Istilah "nih brand kita banget ygy"
Untuk terus relevant maka salah satu hal penting adalah menggunakan teknologi yg juga digunakan oleh target market.
Contoh nya menggunakan TikTok untuk promosi atau menyediakan Payment Online untuk resto kita.
Konsumen bisa cancel membeli hanya gara-gara tidak ada Gopay loh, soalnya dompetnya kosong, tapi dompet digital sih sultan.
Bagaimana biar brand tetap relevan dari sisi internal? kuncinya TEAM yang memang mengelola marketing, sosmed, dan branding.
Tim ini secara rutin terus membuat berbagai program yang membuat brand kita selalu relevant selain tentunya mendatangkan traffic sales.
6. CAPTURING NEW OPPORTUNITY = Meraih Kesempatan Baru
Teknologi juga mendatangkan KESEMPATAN baru bagi perusahaan dalam berbagai hal.
Misal, fintech membuat kita bisa melakukan FINANCING (penundaan pembayaran) sehingga membuat kita bisa mengelola Cash Flow kita.
Dengan Cash Flow yang banyak, tentu saja banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya melakukan branding lebih massive, membangun outlet lebih banyak, atau berinvestasi di aset lain.
Contoh lain dengan munculnya market place, seperti Anomali Coffee, i membuka revenue stream baru bagi Anomali sehingga sumber incomenya menjadi lebih banyak.
7. MAINTAINING SAME SALES STORE = Menjaga Pertumbuhan Sales
Penggunaan teknologi juga membuat kita lebih mudah mengelola strategi penjualan kita.
Contoh analisa POS yang menampilkan data matrix menu, membuat kita bisa fokus mendorong penjualan produk yang memang punya kontribusi sales dan profit terbaik.
Analisa POS ini juga membuat kita bisa fokus memperbaiki struktur profit dengan mencoba mengelola kembali COGSdari menu yang menjadi TOP sales.
Contoh lain, dengan Close Loop Marketplace, kita bisa mengelola outlet dengan lebih mudah, melakukan analisa dengan lebih detail untuk menyusun program yang tepat sasaran guna meningkatkan sales.
8. INCREASING BRAND VALUATION = Meningkatkan Nilai Brand
Teknologi juga "dikabarkan" bisa menjadi pendongkrak nilai / valuasi brand.
Contoh jika memiliki APPS dan di dalamnya ada database konsumen dengan analisa pembelian dan CLTV (Customer Life Time Value), hal ini bisa membuat nilai brand menjadi tinggi.
Contoh lain dengan mengembangkan CLOUD kitchen technology juga membuat potensi nilai perusahaan makin tinggi.
Atau misalnya perusahaan mengembangkan Online Menu (Market Place) hal ini membuat sumber revenue menjadi lebih luas, bisnis bisa lebih scalable, sehingga membuat nilai perusahaan menjadi lebih tinggi.
9. A HEAD from COMPETITOR = Lebih Terdepan dari Pesaing
Penguasaan dan utilisasi teknologi juga bisa membuat perusahaan kita unggul daripada pesaing.
Ketika pesaing masih manual pake excell mengatur belanja sampai stock, kita sudah menggunakan teknologi dan presisi sehingga menghemat waktu dan biaya.
Ketika pesaing termasuk "jadul" pake sosmednya, hanya foto-foto cantik, kita sudah sibuk dengan konten-konten FYP di TikTok yang membuat brand awareness kita makin kuat.
Ketika pesaing hanya menggunakan POSuntuk catat pembayaran konsumen, kita sudah menggunakan POS untuk analisa stratejik yang punya impact ke sales dan profit.
Ketika pesaing masih pake DOKUMEN kertas untuk SOP nya, kita sudah menggunakan Video dan Learning Management untuk mengelola standarisasi kita.
Teknologi akan membuat pemain kuliner menjadi "TUA" & "JADUL" di mata konsumen, jika tidak melakukan adopsi serta memanfaatkan teknologi tersebut, apakah Sahabat Foodizz mau brand nya seperti ini?
10. FOOD STANDARIZATION & SAFETY
Teknologi juga membuat proses kita bisa menyajikan produk dengan kualitas terbaik, serta sekaligus mengurangi biaya secara total.
Contoh teknologi Skin Pack dan prosesnya membuat makanan lebih terjamin secara kualitas serta tahan lama.
Berkembangnya Cold Storage Startup dengan teknologinya membuat jalur distribusi makan makin berkembang, mudah diakses, serta membuat biaya menjadi lebih murah dan pengantaran jadi lebih cepat dan terstandar.
11. STRATEGIC DECISION = Keputusan Stratejik
Teknologi juga jelas memberikan kita data dan analisa terkait dengan berbagai hal, depend teknologinya, dimana data dan analisa ini sangat penting untuk kita dalam mengambil keputusan stratejik
Contoh POS jaman sekarang membuat kita cepat mengambil keputusan karena sudah tersedia Strategik Dasboard, seperti matriks analisa menu, analisa penjualan, analisa HPP, speed operation, database konsumen, dll
Contoh lagi misalnya Marketplace Internal Perusahaan yang di provide oleh Aturkuliner misalnya, membuat kita bisa cepat melakukan analisa pembelian bahan baku mitra dan melakukan komparasi dengan menu yang terjual apakah sesuai atau tidak.
12. SPEED IN PROCESS = Cepat dalam Banyak Proses
Teknologi juga membuat kita bisa melakukan banyak proses dalam bisnis kuliner secara lebih cepat, efisien sekaligus lebih menguntungkan.
Contoh penggunaan Aplikasi Order Online membuat konsumen bisa order mandiri di meja, di up selling lewat aplikasi, bayar di meja dan tinggal tunggu order datang, hal ini tentu membuat kita bisa hemat (OPEX) karyawan dalam jumlah yang sangat signifikan.
Contoh lagi jika kita ingin meluncurkan menu baru sementara cabang kita banyak, teknologi Video dan Learning Management membuat program launching kita bisa dijalankan dengan cepat karena training bisa dilakukan secara video di seluruh cabang tanpa harus tim training turun ke seluruh cabang atau seluruh manager dipanggil ke pusat yang membuat biaya sangat tinggi.
Contoh lain, order bahan baku oleh mitra juga tidak perlu dibatasi dengan adanya sistem CLOSE LOOP MARKET PLACE seperti yang dibuat oleh aturkuliner sehingga kita bisa memaksimalkan omset dan profit perusahaan tanpa harus pake pusing.
Contoh lain, dengan menggunakan DELEGASI membuat cabang-cabang sendiri atau mitra bisa membuat laporan keuangan secara tepat waktu setiap bulannya serta dengan detail analisanya, bayangkan jika setiap cabang harus punya orang keuangan sendiri?
Nah Sahabat Foodizz ini baru bicara sebagain kecil manfaat dari penggunaan teknologi, Yes mungkin terdengar terlalu JAUH bagi temen-temen UMKM namun jangan salah adopsi teknologi yah yang bisa membuat kita unggul di jaman seperti sekarang ini. Ada beberapa yang bisa segera kita implementasikan atau bahkan kita sudah pakai tapi belom maksimal, ada juga yang penting sekarang Sahabat Foodizz tau dulu, ketika bisnisnya SCALE baru langsung implementasikan.
Nah semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat Sahabat Foodizz semua yah, silahkan di share ke berbagai sosmed agar lebih banyak lagi yang bisa mendapatkan inspirasi.
Semoga bermanfaat & Keep Learning Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.
www.foodizz.id 1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.