Promotion

10 Tujuan Penting Launching Menu Baru dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 16 Juni 2022
Sumber Gambar: Pexels.com

 

Salah satu strategi yang paling sering digunakan dalam bisnis kuliner adalah melakukan Launching Menu Baru. Nah Foodpreneur kira-kira sudah tau apa ajah tujuan dari Launching Menu baru?

 

Yuk coba kita bahas 10 Tujuan dari Melakukan Launching Menu baru.

 

1. Increasing Sales = Naikin Sales

  • Menu baru bisa meningkatkan sales yang STUCK atau turun
  • Naikin sales melalui menu baru ini banyak digunakan brand besar
  • McDonald's dengan BTS, Hokben dengan ayam crispy
  • Menu baru salah satu powerfull tool buat naikin sales
  • Menu baru bisa di setting naikin APC (Average per Check) / Basket Size
  • Menu baru juga bisa meningkatkan TC (Total Check) / traffic konsumen

 

2. Staying Relevant with Target Market = Mempertahankan Relevansi

  • Konsumen kamu 5 tahun lalu beda loh dengan sekaran
  • Dulu Milenial, sekarang Gen Z, apakah menunya masih cocok?
  • Jangan sampai brand kita dianggap udah SO YESTERDAY
  • Brand kita dianggap udah ga asik, menunya itu-itu ajah
  • Need, Want, & Expectation konsumen itu selalu berubah.

 

3. Avoiding Price War Competiton = Menghidari Perang Harga

  • Menu baru bisa digunakan untuk menghindari perang harga dengan competitor.
  • Menu baru bisa diposisikan lebih berkualitas sehingga harga bisa di setting lebih mahal tanpa harus terjebak perang harga.

 

4. Staying Ahead from Competitors = Melangkah lebih ke Depan dari Pesaing.

  • Bisa memposisikan atau membuat kompetitor jadi tidak relevan
  • Membuat konsumen berpikir jika kompetitor kurang update dan jadul
  • Konsumen melihat brand kita lebih relevan dari kompetitor
  • Membuat brand kita lebih dekat dan lebih memahami keinginan konsumen

 

5. Anticipating Boring & FOMO = Kosumen Bosan & Takut ga Update

  • Konsumen itu mudah bosan, jadi jangan sampe bosan dengan brand kita
  • Takut Ketinggalan Update adalah mantra penting jaman now
  • Buat konsumen ngomong "Wah ada menu baru tuh di sana, coba yuk"

 

6. Maintaining Brand Awareness & Recall = Menjaga Kesadaran Merek

  • Menu baru bisa menciptakan Viral dan WOM (word of mouth) effect
  • Bisa membuat konsumen "KEMBALI" teringat
  • Jika konsumen baru, mereka jadi tau brand kita
  • Konsumen yang TERINGAT bisa jadi kangen dan akhirnya datang lagi
  • Konsumen yg BARU TAU juga diharapkan akhir datang dan mencoba
  • Menu baru mendorong CONTENT CREATOR menjadi FOMO sehingga "MEMAKSA" mereka membuat konten secara gratis agar tidak ketinggalan dari influencer lainnya.

 

7. Acquisition of New Markets = Mengakuisisi Market Baru

  • Menu baru bisa ditujukan untuk mendapatkan konsumen baru
  • Konsumen yang belum pernah datang ke brand kita
  • Konsumen yang TIDAK SADAR klo mereka juga bisa datang ke brand kita
  • Tentu ini juga membuat market lebih besar sehingga potensi cuan gede
  • Bisa juga digunakan untuk membuat konsumen pesaing pindah lain hati

 

8. Increasing profitability = Naikin Profit

  • Salah satu tujuan penting Launching Menu Baru adalah naikin Profit
  • Naikin dengan cara meningkatkan Traffic (TC)
  • Naikin profit juga dengan cara meningkatkan APC (Nilai Belanja)
  • Bisa juga menu baru yang COGS / HPP rendah dengan harga jual normal

 

9. Strengthening Brand Positioning = Memperkuat Positioning

  • Menu baru ditujukan untuk memperkuat keunikan brand kita
  • Contoh: Menu Kopi Koktail sebuah coffeeshop
  • Koktail ini memperkuat image coffeeshop tersebut sebagai spesialis kopi

 

10. Replacing Other Menu = Menggantikan menu yang tidak punya kontribusi

  • Menu baru juga ditujukan menggantikan menu lain
  • Menu yg digantikan merupakan menu yang tidak laku
  • Bisa juga menu-menu yang digantikan adalah menu yang profitnya rendah
  • Bisa juga menu-menu yang bahan bakunya sudah langka
  • Bisa juga menu yang laku tapi margin tipis, jadi biar tergantikan.

 

Nah sekarang sudah terbayang dan paham khan berbagai tujuan Melakukan Launching Menu Baru? Jadi kapan nih rencana Launching dan apa tujuannya?

 

Semoga Bermanfaat & Keep Learning

 

www.foodizz.id

1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com

Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

 www.vendorkuliner.com

Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

Tanya detail klik disini: foodizz.id/csfoodizz

 

Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru