10 Tujuan Penting Launching Menu Baru dalam Bisnis Kuliner
Oleh: Admin Foodizz
Diunggah 16 Juni 2022
Sumber Gambar: Pexels.com
Salah satu strategi yang paling sering digunakan dalam bisnis kuliner adalah melakukan Launching Menu Baru. Nah Foodpreneur kira-kira sudah tau apa ajah tujuan dari Launching Menu baru?
Yuk coba kita bahas 10 Tujuan dari Melakukan Launching Menu baru.
1. Increasing Sales = Naikin Sales
Menu baru bisa meningkatkan sales yang STUCK atau turun
Naikin sales melalui menu baru ini banyak digunakan brand besar
McDonald's dengan BTS, Hokben dengan ayam crispy
Menu baru salah satu powerfull tool buat naikin sales
Menu baru bisa di setting naikin APC (Average per Check) / Basket Size
Menu baru juga bisa meningkatkan TC (Total Check) / traffic konsumen
2. Staying Relevant with Target Market = Mempertahankan Relevansi
Konsumen kamu 5 tahun lalu beda loh dengan sekaran
Dulu Milenial, sekarang Gen Z, apakah menunya masih cocok?
Jangan sampai brand kita dianggap udah SO YESTERDAY
Brand kita dianggap udah ga asik, menunya itu-itu ajah
Need, Want, & Expectation konsumen itu selalu berubah.
3. Avoiding Price War Competiton = Menghidari Perang Harga
Menu baru bisa digunakan untuk menghindari perang harga dengan competitor.
Menu baru bisa diposisikan lebih berkualitas sehingga harga bisa di setting lebih mahal tanpa harus terjebak perang harga.
4. Staying Ahead from Competitors = Melangkah lebih ke Depan dari Pesaing.
Bisa memposisikan atau membuat kompetitor jadi tidak relevan
Membuat konsumen berpikir jika kompetitor kurang update dan jadul
Konsumen melihat brand kita lebih relevan dari kompetitor
Membuat brand kita lebih dekat dan lebih memahami keinginan konsumen
Menu baru bisa menciptakan Viral dan WOM (word of mouth) effect
Bisa membuat konsumen "KEMBALI" teringat
Jika konsumen baru, mereka jadi tau brand kita
Konsumen yang TERINGAT bisa jadi kangen dan akhirnya datang lagi
Konsumen yg BARU TAU juga diharapkan akhir datang dan mencoba
Menu baru mendorong CONTENT CREATOR menjadi FOMO sehingga "MEMAKSA" mereka membuat konten secara gratis agar tidak ketinggalan dari influencer lainnya.
7. Acquisition of New Markets = Mengakuisisi Market Baru
Menu baru bisa ditujukan untuk mendapatkan konsumen baru
Konsumen yang belum pernah datang ke brand kita
Konsumen yang TIDAK SADAR klo mereka juga bisa datang ke brand kita
Tentu ini juga membuat market lebih besar sehingga potensi cuan gede
Bisa juga digunakan untuk membuat konsumen pesaing pindah lain hati
8. Increasing profitability = Naikin Profit
Salah satu tujuan penting Launching Menu Baru adalah naikin Profit
Naikin dengan cara meningkatkan Traffic (TC)
Naikin profit juga dengan cara meningkatkan APC (Nilai Belanja)
Bisa juga menu baru yang COGS / HPP rendah dengan harga jual normal
Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulangdengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel
Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By
{{ comment.username }}
{{ comment.body }}
Dikomomentari pada {{ comment.formatted_published_at }}