Dibahasan sebelumnya kita sudah coba gali mengapa REPEAT ORDER / REPEAT BUYING membuat konsumen MEMBELI ULANG itu sangat penting di dalam bisnis kuliner. Nah dikesempatan kali ini kita coba gali lebih dalam tips praktis apa saja yang bisa dilakukan agar konsumen tersebut akan membeli kembali.
Yuk coba kita bahas satu per satu tips nya.
1. Bangkitkan Memory & Kenangan
Konsumen yang datang itu bisa dibagi ke beberapa tipe:
1. Rutin datang
2. Kadang datang
3. Lama tak datang
4. Sudah tak datang lagi
Nah khusus no 2-4 kita perlu untuk selalu membuat mereka teringat dengan brand kita, mengembalikan memory mereka terhadap produk kita, sehingga akhirnya mereka bisa menjadi konsumen no 1. Gimana caranya? KOMUNIKASI kuncinya, bisa dengan direct call (tentu kurang feasible jika jumlah konsumen terlalu banyak, namun jika konsumen sedikit, karena memang misalnya harga produk cukup tinggi, tentunya bisa dilakukan), bisa juga kita secara rutin ngonten di sosmed karena mereka follower kita, bisa juga kita WA blast atau juga email blast.
Intinya COLEK kembali mereka, bangkitkan memorynya agar kembali membeli.Tentu dalam poin 1 ini Sahabat Foodizz harus punya database & channel untuk bisa tetap ENGAGE dengan konsumen tersebut. Jika tidak, bagaimana caranya kita bisa MENCOLEK mereka kembali? Bisa ajah sih misalnya dengan iklan tapi biayanya tentu akan sangat mahal.
2. Penawaran yang Sulit Diabaikan dan Ditolak
"Khusus konsumen kami yang loyal, selama bulan November, discount 30% jika berkunjung bersama teman / keluarga. Promo ini hanya berlaku bagi konsumen loyal yang mendapatkan WA atau Email ini".
Buat penawaran yang sulit diabaikan dan ditolak juga menjadi kunci penting untuk mendorong konsumen kita kembali datang dan membeli. Tentu program ini harus JUJUR memang untuk mereka bukan untuk orang umum sehingga konsumen merasa mendapatkan PRIVILAGE yang special dari kita.
3. Kehangatan dan Keramahan
Keramahan dan keakraban menjadi kunci penting yang membuat konsumen akan selalu datang dan membeli. Kita konsumen akan merasa FEELS LIKE HOME jika datang ke tempat kita, yang membuat mereka menjadi sering datang dan loyal. Mungkin produk kita bukan yang terenak, bukan pula yang termurah, tempat kita mungkin bukan yang paling keren dan kekinian, namun kehangatan dan keramahaan yang kita berikan menjadi NILAI JUAL yang sulit diikuti oleh pesaing manapun.
4. Berikan PRIVILAGE bagi Konsumen kita
Misalnya, kita ingin melaunching menu baru, nah jadikan konsumen kita SPECIAL GUEST yang diberikan PRIVILAGE untuk menjadi yang pertama mencicipi menu baru ini. Selain memberikan sesuatu yang special, kita juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendorong konsumen "ngonten menu baru" dan juga mungkin sekali merekomendasikan brand kita.
5. Kirim KEJUTAN yang tak terduga
Misalnya, jika kita memiliki database konsumen di mana kita bisa tahu ulang tahunnya, nah kita kirimkan hadiah special buat konsumen tersebut sehingga dia merasa TERHARU dengan perhatian yang kita berikan. Kejutan ini selain membuat mereka mengingat kembali brand kita juga akan meninggalkan kesan yang kuat dalam hidup mereka, tentu saja harapannya mereka jadi sering membeli dan juga selalu merekomendasikan brand kita.
6. Produk Special Khusus Konsumen Loyal
Kita bisa juga ciptakan PRODUK SPESIAL yang hanya bisa diorder atau ada diskon khusus hanya untuk konsumen yang pernah datang. Misalnya kita punya dessert khusus bagi konsumen yang sudah pernah datang, yang bisa didapatkan secara gratis, atau dengan harga khusus. Hal ini seperti sepele, namun bagi konsumen ini bisa jadi kebanggaan yang membuat mereka mengajak temen-temennya untuk datang.
"Eh kita makan di sana ajah yuk, dapet dessert box belgian coklat gratis, soalnya gua pelanggan loyal mereka". Pemikirannya sederhana ajah, daripada makan tempat lain, kenapa ga ke sini ajah, mayan dapet dessert box gratis khan.
7. Berikan Merchandise
Merchandise yang bagus, misalnya tumbler atau sesuatu yang bisa digunakan oleh konsumen, seperti misalnya kalender akan membuat brand kita sering terlihat di rumah / kantor konsumen tersebut. DI INGAT adalah kunci penting REPETISI / MEMBELI KEMBALI, karena biasanya orang / konsumen lupa apa yang mereka ingin beli, sampai ada yang mengingatkan apa yang ingin mereka beli.
Misalnya nih, lagi duduk-duduk santai di kantor, bengong, terus di meja melihat ada kalender cakep DIMSUM X misalnya, eh jadi ajah keinget kalo pernah beli dimsum x dan enak seinget kita, jadi ajah akhirnya buka HP, pilih GoFood terus order deh Dimsum X.
Merchandisenya bisa apa ajah, tapi coba pikirkan sesuatu yang akan sering dilihat atau digunakan oleh konsumen sehingga hal ini membuat konsumen akan "tercuci otaknya" karena secara tidak sadar sering banget melihat brand kita.
8. Program Order Kembali
Pernah makan di sebuah tempat di mana setelah pulang kita diberikan CAP di dalam sebuah kartu, di mana jika CAP ini full maka kita akan mendapatkan GRATIS atau HADIAH. Hal ini membuat konsumen merasa "TANGGUNG" untuk bisa membuat CAP tersebut penuh yang tentu bisa ditebak, akhirnya konsumen tersebut terus datang. Bisa juga kartu CAP tersebut bisa diberikan ke teman atau keluarga untuk melanjutkan capnya, toh yang penting buat kita entah itu konsumen tersebut atau bisa juga temen dan keluarnya bisa balik datang dan membeli lagi khan.
9. Komunitas Pelanggan
Kita juga bisa mendorong konsumen untuk datang dan sering membeli dengan membuat komunitas pelanggan. Misalnya kita punya Coffeshop yang menggarap komunitas Korea, nah adakan kegiatan komunitas seperti Nonton K-Drama bareng, Perayaan Ultah artis K-POP, kumpul-kumpul update seputar K-POP.
10. Sistem Subscribe
Ini banyak dilakukan oleh bisnis catering, jadi konsumen sudah membayar misalnya untuk 1 bulan catering harian. Nah implementasi di outlet seperti apa? Misalnya, 1 cangkir kopi kita harganya 25 ribu, nah temen-temen bisa buat penawaran untuk subscribe (bayar di depan) senilai 500 ribu, konsumen bisa mendapatkan 30 cangkir kopi (senilai 750 ribu) sehingga konsumen merasa diuntungkan karena hanya bayar 500 ribu dari 750 ribu, hemat 250 ribu.
Di sisi kita sebagai pemilik usaha, tentu saja ini win-win solution, sejauh sudah betul-betul dihitung COGS / HPP nya memang masih cuan. Strategi ini membuat konsumen sudah otomatis membeli kembali tanpa effort 9 poin di atas loh dan menjamin konsumen tersebut akan sering datang ke tempat kita.
Nah Sahabat Foodizz, inilah 10 Tips Praktis Membuat Konsumen Kembali Membeli (Repeat Order). Semoga bisa dipraktekan dan memberikan dampak bagi temen-temen semua.
Baca beberapa artikel yang terkait di sini:
Database Konsumen, Tambang Emas Bisnis Kuliner
8 ALASAN POWERFULL konsumen REPEAT BUYING
Semoga bermanfaat & Keep Learning
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}