Profit

10 Strategi Menurunkan HPP dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 27 Februari 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

Mengapa Ilmu COGS / HPP Penting

  • HPP punya pengaruh besar ke PROFIT
  • Omset boleh gede tapi profit bisa boncos klo HPP kacau
  • HPP adalah indikator bisnis bisa di scale atau tidak, apalagi bisnis kemitraan
  • HPP kunci penting bisa SUSTAIN dalam jangka panjang

 

Coba bayangkan:
Omset per bulan = 100 Juta
Pertahun = 1,2 Miliar
Target HPP = 30 Persen

 

Jika HPP jebol jadi 40 persen, artinya: 

  • 10 Juta akan hilang setiap bulan (100 juta x 10%)
  • 120 juta akan hilang setiap tahunnya
  • Bayangkan kalo kita ga paham hal ini, ga tau hilangnya ke mana?

 

Gimana klo bisa omsetnya udah 3 Miliar per bulan?

 

Nah, sedikit sebelum kita masuk ke 10 strategi yang bisa digunakan, HPP juga sangat erat kaitannya dengan PRODUCT MATRIX, jadi Sahabat Foodizz harus paham dulu nih seperti apa product matrix itu.

 

Product Matrix:
BOXING STYLE by Foodizz

ATTACK = Produk yang Sales Tinggi, Hpp Rendah
KNOCKOUT = Produk yang Sales Rendah, Hpp Tinggi
COUNTER =  Produk yang Sales Tinggi, HPP Tinggi
UPPERCUT = Produk yang Sales Rendah, Hpp Rendah

 

1. PUSH MENU ATTACK SECARA AGGRESIVE

  • Pelajari matrix menu, download data POS dan lakukan analisa
  • Promosikan menu ATTACK secara aktif di berbagai media
  • Buat SOP dan training karyawan untuk mempromosikan STAR menu
  • Semakin banyak STAR terjual, makan HPP semakin baik, asumsi semua sama
  • Buat target sales terhadap menu ini dan lakukan evaluasi berkala
  • Kuncinya sederhana ajah, menu ATTACK harus makin banyak laku terjual

 

2. MENU ATTACK BARU

  • HPP bisa juga diturunkan dengan melaunching menu baru
  • Menu baru ini di "Framing" misalnya dikasih logo Chef Recomendation 
  • Menu baru ini juga di promosikan oleh KOL sehingga jadi banyak yg FOMO
  • Pastikan menu Star baru ini suppy bahan bakunya aman dan banyak.
  • Pastikan juga menu Star baru ini tidak menyebabkan biaya lain jadi naik.
  • Contohnya, menu ini dibuat dengan tambahan orang di dapur, nah ga ok ini.

 

3. RE-ENGINERING MENU COUNTER MENU

  • COUNTER = Sales Tinggi, HPP Tinggi
  • Menu ini bagus sebetulnya karena salesnya tinggi, tapi HPP harus diturunkan
  • Coba review lagi bagaimana HPP nya bisa diturunkan
  • Misal dengan negosiasi harga bahan baku
  • Bisa juga dengan mengganti bahan baku yang lebih murah, kualitas sama
  • Poin paling penting, jangan sampai mengorbankan kualitas

 

4. PUSH SELLING MENU UPPERCUT

  • UPPERCUT = sales rendah, HPP rendah
  • Kondisi menu Uppercut ini secara HPP sangat bagus
  • Tapi perlu diperhatikan mengapa tidak terlalu laku
  • Apakah karena kurang di promosikan dan push selling
  • Atau memang menunya tidak digemari oleh konsumen biarpun sudah di promokan
  • Jika ternyata kurang promo, maka coba di promosikan agar jadi laku
  • Coba di "Framing" atau kasih unsur WOW yang menggoda konsumen

 

5. PERPENDEK PROSES PRODUKSI

  • HPP kadang jadi tinggi ketika proses produksi terlalu panjang
  • Misalnya ada potensi salah buat menu, bahan baku rusak, kejadian tidak terduga
  • Semakin pendek proses produksi akan semakin baik tentunya
  • Contoh: roti & dessert di Starbucks, yang di outsource ke vendor
  • Starbucks tidak perlu melakukan proses pembuatan sendiri, less risk.
  • Inventory juga tidak perlu besar karena order sesuai kebutuhan ajah.
  • Contoh lain misalnya jualan ayam goreng, ayamnya sudah frozen tinggal goreng
  • Ayam tidak perlu lagi di rebus dengan berbagai bahan baku.
  • Keluarkan dari freezer, potong plastik, goreng.

 

6. NEGOSIASI HARGA VENDOR

  • HPP bisa juga diturunkan dengan turunnya harga bahan baku
  • Seiring kita bertumbuh (tambah cabang), hal ini sangat mungkin dilakukan
  • Makin besar kuantiti pembelian, dengan negosiasi yang tepat harga bisa turun
  • Selalu siapkan buying projection jika negosiasi dengan vendor
  • Presentasikan rencana bisnis dan potensi bisnis yang akan datang dari kita
  • Jangan melakukan negosiasi dengan kondisi saat ini ajah.

 

6. CIPTAKAN MENU BARU

  • Menu baru bisa jadi solusi penting untuk menurunkan HPP
  • Menu baru juga penting untuk menjadi relevansi brand kita di target market
  • Ciptakan menu baru yang potensi sales nya tinggi dengan target HPP yang rendah
  • Menu baru ini "Framing" dan komunikasikan sebagai menu andalan
  • Perbanyak titik komunikasi sehingga konsumen banyak yang penasaran
  • Menu baru ini juga penting untuk menggantikan menu KNOCKOUT

 

7. FORECASTING & INVENTORY

  • Hpp bisa meningkat jika terjadi overstock di inventory
  • Hal ini salah satunya disebabkan oleh salah atau tidak tepatnya forecasting
  • Bisa terjadi karena memang PIC nya kurang kompeten
  • Bisa juga terjadi karena semua proses banyak banyak proses manualnya (excel, feeling)
  • Wajib sekali menggunakan teknologi untuk membuat forecasting yang presisi
  • Apa teknologinya? Untuk fokus kuliner rekomendasi 2, Aturkuliner atau ESB 
  • Klo masih pake ERP dan POS lain gimana? Saran diganti segera.
  • Lebih baik pake yang memang fokus dan support bisnis kuliner
  • Pengembangan fitur nya tentu ajah akan bermanfaat bagi bisnis kita

 

8. SOP, TRAINING, KPI, REWARD, & PUNISHMENT

  • Wajib memiliki team yang kompeten urusan HPP ini.
  • Kebanyakan kita menganggap sepele soal ini, padahal sangat penting
  • HPP naik 2% ajah  jika omset 1 miliar, itu artinya sudah hilang 20 juta loh
  • Artinya 1 tahun yang hilang 20 juta x 12 bulan = 240 juta, gimana jadi mikir ga?
  • Gimana kalo omset kita misalnya udah miliaran per bulan?
  • Tim ini wajib punya SOP, punya KPI (ukuran & target kerja)
  • Jika target tercapai ada reward, jika tidak tercapai ada punishment
  • Biasanya penanggung jawabnya lintas divisi, targantung nanti di mana problemnya

 

9. STRATEGI SELLING

  • Hpp juga bisa diturunkan dengan strategi selling
  • Bundling, menjual 2-3 menu kombinasi sehingga HPP bisa turun
  • Up Selling & Cross Selling juga bisa digunakan dan di kombinasikan
  • Misal, setiap beli menu X, selalu tawarkan menu Y (cross selling)
  • Misal, setiap beli menu Y, selalu tawarkan Up Size menu tersebut
  • 1 mangkok bakso tawarkan versi jumbo dengan tambah Rp. xx
  • Lakukan perhitungan yang detail, intinya bagaimana HPP bisa lebih kecil

 

10. 3PL & 2PL Company

- Salah satu penyebab utama HPP meledak, adalah kita mencoba mengelolanya sendiri
- Apalagi perusahaan fast growing dengan fundamental belum kuat
- Punya tim purchasing, punya gudang sendiri, proses delivery sendiri, dll
- Banyak sekali potensi yang akan membuat HPP meledak 
- Boro-boro mempertahankan atau menurunkan HPP
- Solusinya, OUTSOURCING ke 3rd Party Logistik (3PL) atau 4th Party Logistic (4PL)
- 3PL, projection, dan pembelian masih di perusahaan kita, tapi gudang dan pengiriman sudah di outsourcing kan ke pihak ke-3.
- 4PL, pembelian, stock/inventory, pengiriman sudah menggunakan pihak ke 3, kita hanya perlu melakukan projection
- Lain kali kita bahas soal 3PL dan 4PL ini yang lebih detail, tapi temen-temen bisa googling beberapa perusahaan seperti Kiat Ananda dan HAVI untuk baca-baca.
- Menggunakan 3PL & 4PL ini sangat stratejik untuk bisa menjaga dan menurunkan HPP yang kita miliki, selain tentu mengurangi kompleksitas dalam Supply Chain Management.

 

Nah itu dia Sahabat Foodizz, 10 Strategi Menurunkan HPP / COGS dalam bisnis kuliner yang bisa dipelajari dan coba untuk diterapkan. 


Semoga Bermanfaat.

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

www.vendorkuliner.com
Cari vendor kuliner terkurasi

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan deng

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru