10 Peran Penting AI (Artificial Intelligent) dalam Bisnis Kuliner
Oleh: Admin Foodizz
Diunggah 18 Desember 2023
Sumber Gambar: Canva.com
AI (Artificial Intelligent) mungkin masih terminologi atau barang baru bagi kebanyakan kita yang berkecimpung di dalam bisnis kuliner saat ini, AI mungkin baru jadi pembicaraan jika Anda berada di brand multinasional atau brand yang memang scale dalam jumlah banyak, bahkan mungkin untuk brand lokal sekalipun, AI ini masih belum jadi hal yang cukup stratejik, apalagi jadi leverage, baru dalam tahap wacana dan pembahasan saja.
Padahal dari yang Foodizz coba gali dan pelajari, fungsi AI ini ternyata sangat stratejik saat ini, apalagi ke depannya terkait dengan berbagai hal dalam bisnis kuliner yang tentu ujungnya akan dapat membantu perusahaan kita mencapai 3 objectives utama, yaitu: peningkatkan profitability, pertumbuhan berkelanjutan (growth), serta sustainability bisnis di masa yang akan datang, sehingga penting sekali nih untuk mulai AWARE / sadar, dan mulai mempelajari dan menggali bahasan soal AI ini.
Untuk memberikan sedikit gambaran bagaimana peranan AI sangat stratejik dan penting dalam bisnis kuliner, coba yuk kita lihat 10 Peran Penting AI dalam Bisnis Kuliner. Ok, let's go!
1. Realtime Data Analytic & Recommendation
AI dapat menyajikan data secara real time
AI dapat menyajikan berbagai rekomendasi secara cepat
Contoh: menu apa yang harus di push selling, menu apa yang COGS nya terlalu tinggi, dan jangan di push selling
Berbagai data real time lain yang dibutuhkan terkait sales, ops, dll
Data real time ini akan membuat kita bisa bergerak dengan cepat dan tepat, jika data masih mentah dan harus diolah terlebih dahulu
Kemungkinan besar kita tidak akan mengambil tindakan dengan cepat
2. Fast Decision Making
Menyambung ke no 1, AI membuat kita bisa cepat mengambil keputusan
Keputusan terkait dengan kegiatan sales, ops, supply chain, dll
Keputusan yang cepat merupakan kunci penting dalam persaingan
Contoh, jika ada kendala pencapaian sales dalam 10 hari pertama,
Maka tentu kita akan segera mengambil tindakan untuk sales strategy
Contoh lain, COGS meningkatkan di minggu ke dua signifikan,
Maka tentu kita akan segera mengambil langkah dan tindakan dengan cepat
3. Sales Optimization
AI dapat membantu kita dapat melakukan optimasi sales (TC & APC)
Contoh: memberikan rekomendasi add on & up sell melalui digital order
AI dapat merekomendasikan program sales real time, discount, promo, dll
AI juga dapat memberikan reminder terkait Matrix Menu yang dijual,
Sehingga kita bisa berfokus menjual menu dengan COGS rendah, sales tinggi
AI juga dapat merekomendasikan konsumen pilihan menu yang sesuai,
Berdasarkan data prilaku pembelian konsumen tersebut sebelumnya
4. Reduce Labor Cost
AI dapat mengurangi biaya SDM dalam jumlah signifikan
Hal ini tentu sangat bagus untuk meningkatkan profit perusahaan
AI juga dapat bekerja dengan lebih akurat tanpa mengenal waktu
Contoh AI untuk mengelola sistem supply chain management,
Mulai dari forecast pembelian, mengelola inventory, logistik, dll
Contoh lain AI yang digunakan untuk menggantikan karyawan service
Seperti penggunaan KIOSK, QR, yang tentu akan lebih efisien
Tidak terlalu terlihat tentu jika bicara 1-2 outlet
Tapi jika mengelola banyak outlet, biaya ini akan sangat signifikan
5. Enhancing Customer Experiences
AI dapat meningkatkan pengalaman berkesan bagi konsumen
Memberikan "kejutan" dan "kustomisasi" benefit bagi konsumen
Contoh, facial recognition, otomatis ada benefit khusus muncul di layar
Atau cukup submit no HP, langsung ada rekomendasi benefit untuk konsumen
Penggunakan KIOSK juga dapat meningkatkan customer experience,
Ditambah dengan kustomisasi AI untuk konsumen tersebut,
Misalnya menu yang direkomendasikan berdasarkan data konsumen tersebut
Loyalty program juga akan lebih mudah dikelola dengan AI
Bayangkan jika kita mengelola puluhan ribu atau ratusan ribu database
Akan sangat sulit tentunya tanpa bantuan AI
Ujungnya malah kita abaikan loyalty program ini padahal sangat penting
6. Inventory Management & Automated Order Fulfillment
AI berguna dalam mengelola inventory dan fulfillment
Dua hal ini jika dilakukan secara manual sangat potensial ada error
Apalagi jika bicara mengelola inventory dan fulfillment banyak cabang
Kompleksitas kedua hal ini bisa berakibat dalam banyak hal
Misalnya, bahan baku kosong, overstock, salah order, dll
Dampak tambahannya adalah cash flow bermasalah, vendor tidak terbayar, dll
Penggunaan AI akan sangat meminimalisir hal ini tentunya
Sehingga membuat kita berfokus pada sales, brand, dan kepuasan konsumen
7. Automated Customer Service with Chatbots
AI juga dapat di maksimalkan untuk mengelola customer chat
Baik itu untuk melakukan order, komplain, atau sekedar bertanya
Apalagi jika cabang kita banyak, fungsi AI ini akan sangat penting untuk bisa memaksimalkan penjualan disetiap outlet
Untuk bisa cepat melakukan handling complaint agar tidak masuk socmed
Serta memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dengan cepat
Bayangkan jika anda memiliki 5 outlet, dengan 10 customer service
Biaya SDM tentu akan sangat besar dan ada keterbatasan waktu tentunya
8. Data-Driven Marketing Campaigns
AI sangat penting untuk menyusun berbagai kegiatan marketing & sales
Dengan data dan analisa real time, kita bisa segera mengeksekusi program
Ini sangat penting untuk bisa bergerak lebih cepat dari pesaing
Eksekusi program juga akan lebih efektif dalam alokasi budget
AI juga dapat membantu melakukan analisa konsumen di social media
Kita bisa melakukan cek sentiment, percakapan, dan trend
yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi dan program marketing
yang tepat sasaran sekaligus efektif untuk meningkatkan sales
Contoh, saat ini trend percakapan terkait "cromboloni" lagi tinggi
Nah, seharusnya kita bisa mendapatkan insight untuk segera bertindak
Yah tentu jika brand kita cocok dengan trend tersebut
9. Supply Chain Optimization
AI sangat penting untuk membuat supply chain lebih efektif dan efisien
Membuat automasi dalam banyak kegiatan supply chain yang tinggi biaya
Selain itu juga membuat biaya menjadi lebih hemat bagi perusahaan
Apalagi jika outlet kita banyak, SDM bisa digantikan dengan AI
Selain biaya lebih rendah, tingkat kesalahan / error juga jadi rendah
Kita juga bisa mengontrol secara real time SCM bisnis kita
Serta mengambil berbagai keputusan terkait dengan SCM dengan cepat
Ingat SCM merupakan gerbang keluar masuk uang perusahaan
Makin tergantung SDM akan makin rentang dan sulit melakukan kontrol
AI juga dalam konteks SCM penting untuk traceability bahan baku
sehingga kita bisa mempertanggung jawabkan kualitas bahan baku kita
10. Food Safety & Food Waste
AI juga penting untuk memastikan mutu dan keamanan produk
Mulai dari kontrol asal bahan baku, umur bahan baku, kualitas, dll
Selain itu AI dapat meminimalisir terjadinya food waste
Melalui prediksi kebutuhan kuantiti bahan baku dalam waktu tertentu
Berapa banyak barang harus di stock dalam waktu yang sependek mungkin
Bahan apa yang sering rusak dalam periode 3 bulan dan mengapa
Dari sini kita bisa mengambil langkah stratejik terkait isu tersebut
Sahabat Foodizz tentu masih banyak lagi potensi dan manfaat AI dalam menjalankan bisnis kuliner, khususnya untuk perusahaan yang akan melakukan SCALE UP, tapi poin paling pentingnya adalah kita harus AWARE terlebih dahulu bahwa AI sangat penting untuk menjadi LEVERAGE bagi bisnis kita untuk bisa terus tumbuh tentunya.
Dari mana kita memulainya? Yah tentu dari mempelajari terlebih dahulu, mulai merencanakan untuk melakukan implementasi dari hal-hal kecil terlebih dahulu, misalnya menggunakan ERP / POS yang memang akan mengarah pada AI ke depannya, sehingga kita bisa fokus pada menjalankan operasional, marketing, & branding, serta kepuasan pelanggan, tidak lagi dipusingkan untuk berbagai hal yang sebetulnya sudah disediakan oleh pihak ke 3, termasuk AI ini.
“Spill dong Foodizz, rekomendasi POS / ERP yang memang mereka akan mengarah ke AI dan memang fokus untuk bisnis kuliner?” Nih ESB
Semoga bahasan kali ini bermanfaat, jikapun masih UMKM mikro dan kecil, sekali setidaknya kita sudah tau bahwa ada loh teknologi seperti ini, dan ketika kelak bisnis kita menjadi berkembang dan besar "aminnn" kita sudah siap beradaptasi tentunya.
Doain yah agar Foodizz Academy bisa terus berbagi dengan konsisten untuk Sahabat Foodizz semua, agar industri kuliner di Indonesia makin berkembang, banyak brand lokal yang sukses, dan tentu memberi manfaat bagi masyarakat.
Foodizz Academy www.foodizz.id www.sekolahkuliner.com
Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulangdengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel
Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By
{{ comment.username }}
{{ comment.body }}
Dikomomentari pada {{ comment.formatted_published_at }}