Mindset

10 Peran Penting AI (Artificial Intelligent) dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 18 Desember 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

AI (Artificial Intelligent) mungkin masih terminologi atau barang baru bagi kebanyakan kita yang berkecimpung di dalam bisnis kuliner saat ini, AI mungkin baru jadi pembicaraan jika Anda berada di brand multinasional atau brand yang memang scale dalam jumlah banyak, bahkan mungkin untuk brand lokal sekalipun, AI ini masih belum jadi hal yang cukup stratejik, apalagi jadi leverage, baru dalam tahap wacana dan pembahasan saja.

Padahal dari yang Foodizz coba gali dan pelajari, fungsi AI ini ternyata sangat stratejik saat ini, apalagi ke depannya terkait dengan berbagai hal dalam bisnis kuliner yang tentu ujungnya akan dapat membantu perusahaan kita mencapai 3 objectives utama, yaitu: peningkatkan profitability, pertumbuhan berkelanjutan (growth), serta sustainability bisnis di masa yang akan datang, sehingga penting sekali nih untuk mulai AWARE / sadar, dan mulai mempelajari dan menggali bahasan soal AI ini.

 

Untuk memberikan sedikit gambaran bagaimana peranan AI sangat stratejik dan penting dalam bisnis kuliner, coba yuk kita lihat 10 Peran Penting AI dalam Bisnis Kuliner. Ok, let's go!

 

1. Realtime Data Analytic & Recommendation

  • AI dapat menyajikan data secara real time
  • AI dapat menyajikan berbagai rekomendasi secara cepat
  • Contoh: menu apa yang harus di push selling, menu apa yang COGS nya terlalu tinggi, dan jangan di push selling
  • Berbagai data real time lain yang dibutuhkan terkait sales, ops, dll
  • Data real time ini akan membuat kita bisa bergerak dengan cepat dan tepat, jika data masih mentah dan harus diolah terlebih dahulu
  • Kemungkinan besar kita tidak akan mengambil tindakan dengan cepat

 

2. Fast Decision Making

  • Menyambung ke no 1, AI membuat kita bisa cepat mengambil keputusan
  • Keputusan terkait dengan kegiatan sales, ops, supply chain, dll
  • Keputusan yang cepat merupakan kunci penting dalam persaingan
  • Contoh, jika ada kendala pencapaian sales dalam 10 hari pertama,
  • Maka tentu kita akan segera mengambil tindakan untuk sales strategy
  • Contoh lain, COGS meningkatkan di minggu ke dua signifikan,
  • Maka tentu kita akan segera mengambil langkah dan tindakan dengan cepat

 

3. Sales Optimization

  • AI dapat membantu kita dapat melakukan optimasi sales (TC & APC)
  • Contoh: memberikan rekomendasi add on & up sell melalui digital order
  • AI dapat merekomendasikan program sales real time, discount, promo, dll
  • AI juga dapat memberikan reminder terkait Matrix Menu yang dijual,
  • Sehingga kita bisa berfokus menjual menu dengan COGS rendah, sales tinggi
  • AI juga dapat merekomendasikan konsumen pilihan menu yang sesuai,
  • Berdasarkan data prilaku pembelian konsumen tersebut sebelumnya

 

4. Reduce Labor Cost

  • AI dapat mengurangi biaya SDM dalam jumlah signifikan
  • Hal ini tentu sangat bagus untuk meningkatkan profit perusahaan
  • AI juga dapat bekerja dengan lebih akurat tanpa mengenal waktu
  • Contoh AI untuk mengelola sistem supply chain management,
  • Mulai dari forecast pembelian, mengelola inventory, logistik, dll
  • Contoh lain AI yang digunakan untuk menggantikan karyawan service
  • Seperti penggunaan KIOSK, QR, yang tentu akan lebih efisien
  • Tidak terlalu terlihat tentu jika bicara 1-2 outlet
  • Tapi jika mengelola banyak outlet, biaya ini akan sangat signifikan

 

5. Enhancing Customer Experiences

  • AI dapat meningkatkan pengalaman berkesan bagi konsumen
  • Memberikan "kejutan" dan "kustomisasi" benefit bagi konsumen
  • Contoh, facial recognition, otomatis ada benefit khusus muncul di layar
  • Atau cukup submit no HP, langsung ada rekomendasi benefit untuk konsumen
  • Penggunakan KIOSK juga dapat meningkatkan customer experience,
  • Ditambah dengan kustomisasi AI untuk konsumen tersebut,
  • Misalnya menu yang direkomendasikan berdasarkan data konsumen tersebut
  • Loyalty program juga akan lebih mudah dikelola dengan AI
  • Bayangkan jika kita mengelola puluhan ribu atau ratusan ribu database
  • Akan sangat sulit tentunya tanpa bantuan AI
  • Ujungnya malah kita abaikan loyalty program ini padahal sangat penting

 

6. Inventory Management & Automated Order Fulfillment

  • AI berguna dalam mengelola inventory dan fulfillment
  • Dua hal ini jika dilakukan secara manual sangat potensial ada error
  • Apalagi jika bicara mengelola inventory dan fulfillment banyak cabang
  • Kompleksitas kedua hal ini bisa berakibat dalam banyak hal
  • Misalnya, bahan baku kosong, overstock, salah order, dll
  • Dampak tambahannya adalah cash flow bermasalah, vendor tidak terbayar, dll
  • Penggunaan AI akan sangat meminimalisir hal ini tentunya
  • Sehingga membuat kita berfokus pada sales, brand, dan kepuasan konsumen

 

7. Automated Customer Service with Chatbots

  • AI juga dapat di maksimalkan untuk mengelola customer chat 
  • Baik itu untuk melakukan order, komplain, atau sekedar bertanya
  • Apalagi jika cabang kita banyak, fungsi AI ini akan sangat penting untuk bisa memaksimalkan penjualan disetiap outlet
  • Untuk bisa cepat melakukan handling complaint agar tidak masuk socmed
  • Serta memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dengan cepat
  • Bayangkan jika anda memiliki 5 outlet, dengan 10 customer service 
  • Biaya SDM tentu akan sangat besar dan ada keterbatasan waktu tentunya

 

8. Data-Driven Marketing Campaigns

  • AI sangat penting untuk menyusun berbagai kegiatan marketing & sales
  • Dengan data dan analisa real time, kita bisa segera mengeksekusi program
  • Ini sangat penting untuk bisa bergerak lebih cepat dari pesaing
  • Eksekusi program juga akan lebih efektif dalam alokasi budget
  • AI juga dapat membantu melakukan analisa konsumen di social media
  • Kita bisa melakukan cek sentiment, percakapan, dan trend 
  • yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi dan program marketing
  • yang tepat sasaran sekaligus efektif untuk meningkatkan sales
  • Contoh, saat ini trend percakapan terkait "cromboloni" lagi tinggi
  • Nah, seharusnya kita bisa mendapatkan insight untuk segera bertindak
  • Yah tentu jika brand kita cocok dengan trend tersebut

 

9. Supply Chain Optimization

  • AI sangat penting untuk membuat supply chain lebih efektif dan efisien
  • Membuat automasi dalam banyak kegiatan supply chain yang tinggi biaya
  • Selain itu juga membuat biaya menjadi lebih hemat bagi perusahaan
  • Apalagi jika outlet kita banyak, SDM bisa digantikan dengan AI
  • Selain biaya lebih rendah, tingkat kesalahan / error juga jadi rendah
  • Kita juga bisa mengontrol secara real time SCM bisnis kita
  • Serta mengambil berbagai keputusan terkait dengan SCM dengan cepat
  • Ingat SCM merupakan gerbang keluar masuk uang perusahaan
  • Makin tergantung SDM akan makin rentang dan sulit melakukan kontrol
  • AI juga dalam konteks SCM penting untuk traceability bahan baku
  • sehingga kita bisa mempertanggung jawabkan kualitas bahan baku kita

 

10. Food Safety & Food Waste

  • AI juga penting untuk memastikan mutu dan keamanan produk
  • Mulai dari kontrol asal bahan baku, umur bahan baku, kualitas, dll
  • Selain itu AI dapat meminimalisir terjadinya food waste
  • Melalui prediksi kebutuhan kuantiti bahan baku dalam waktu tertentu
  • Berapa banyak barang harus di stock dalam waktu yang sependek mungkin
  • Bahan apa yang sering rusak dalam periode 3 bulan dan mengapa
  • Dari sini kita bisa mengambil langkah stratejik terkait isu tersebut

 

Sahabat Foodizz tentu masih banyak lagi potensi dan manfaat AI dalam menjalankan bisnis kuliner, khususnya untuk perusahaan yang akan melakukan SCALE UP, tapi poin paling pentingnya adalah kita harus AWARE terlebih dahulu bahwa AI sangat penting untuk menjadi LEVERAGE bagi bisnis kita untuk bisa terus tumbuh tentunya.

Dari mana kita memulainya? Yah tentu dari mempelajari terlebih dahulu, mulai merencanakan untuk melakukan implementasi dari hal-hal kecil terlebih dahulu, misalnya menggunakan ERP / POS yang memang akan mengarah pada AI ke depannya, sehingga kita bisa fokus pada menjalankan operasional, marketing, & branding, serta kepuasan pelanggan, tidak lagi dipusingkan untuk berbagai hal yang sebetulnya sudah disediakan oleh pihak ke 3, termasuk AI ini.

 

Spill dong Foodizz, rekomendasi POS / ERP yang memang mereka akan mengarah ke AI dan memang fokus untuk bisnis kuliner?” Nih ESB

Semoga bahasan kali ini bermanfaat, jikapun masih UMKM mikro dan kecil, sekali setidaknya kita sudah tau bahwa ada loh teknologi seperti ini, dan ketika kelak bisnis kita menjadi berkembang dan besar "aminnn" kita sudah siap beradaptasi tentunya.

 

Doain yah agar Foodizz Academy bisa terus berbagi dengan konsisten untuk Sahabat Foodizz semua, agar industri kuliner di Indonesia makin berkembang, banyak brand lokal yang sukses, dan tentu memberi manfaat bagi masyarakat.

Foodizz Academy
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com


 

Tanya detail klik disini: foodizz.id/csfoodizz


Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru