Marketing

10 Catatan Penting Fasad atau Plang Outlet

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 04 September 2023
Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

 

Plang / fasad penting ga untuk diperhatikan? Jawabannya sangat penting, apalagi dalam bisnis kuliner, ditambah lagi jika area kita berjualan traffik sangat padat dan ramai, plang / fasad bisa jadi biaya yang sangat murah serta sangat penting untuk membuat konsumen berpaling dan datang membeli ke outlet / resto kita.

Sering kali kita perhatikan banyak owner bisnis yang mengabaikan pentingnya plang atau fasad ini, baik karena memang tidak paham atau kadang aneh alasannya, yaitu pengen estektik sesuai anjuran designernya, tapi pada akhirnya malah membuat target konsumen tidak tahu ANDA INI JUALAN APA SIH? atau APA sih KELEBIHAN BRAND ANDA?, yang seharusnya bisa dituangkan di plang tersebut, sayang banget khan? Udah banyak outlet keren-keren, ratusan juta bahkan miliaran, eh konsumen begitu lewat dan liat malah bertanya dalam hati "jualan apaan sih ini?".

 

So, apa saja yang harus diperhatikan terkait dengan plang atau fasad dalam bisnis kuliner? Yuk kita go bahas 10 catatan pentingnya:

 

1. Menarik Perhatian (WOW Factor)

  • Plang nama (brand) itu harus punya unsur WOW factor
  • Bisa bentuknya yang unik,seperti Holland Bakery
  • Bisa juga warnanya yang menyolok, seperti Sop Ayam Pak Min (warna stabilo mencrang)
  • Intinya jadikan plang sebagai SELLING POINT yang powerful
  • Yang membuat konsumen jadi NOLEH, KAGUM, atau TERBELALAK 
  • Membuat konsumen penasaran, brand apa sih ini?

 

2. Warna yang Kontras

  • Pastikan warna plang dan tulisan kontras terbaca dengan jelas
  • Jangan memainkan warna gradasi dari 1 warna utama, misalnya jangan coklat tua, tulisan menggunakan coklat muda
  • Karena kalau dicetak di flyer atau digital, warna seperti itu akan terbaca jelas, tapi plang beda / tidak terbaca
  • Orang yang lewat tidak punya banyak waktu untuk membaca, apalagi yang tidak jelas
  • Biasanya buat dulu print test untuk di cek mengenai kontras warna dan tulisan
  • Jika sudah yakin terbaca jelas baru di print dalam ukuran asli

 

3. Tulisan terbaca jelas

  • Pastikan tulinsan brand dan tagline terbaca sejelas-jelasnya
  • Gunakan tipografi / font yang memang terbaca jelas
  • Bagaimana jika nama brand bagian dari logo dan sudah ada font khusus?
  • Yah pastikan harus terbaca jelas, jika teryata tidak terbaca, maka harus di ubah
  • Or minimal buat khusus untuk plang
  • Sering sekali gara-gara font, plang di korbankan oleh business owner
  • Orang yang lihat plang ga ngerti dan ga kebaca sama sekali brand apa itu

 

4. Balon Test

  • Lakukan juga balon test dengan berjalan kaki, naik motor, dan naik mobil
  • Tujuannya untuk mengukur jarak pandang plang
  • Balon yang digunakan biasa saja, seperti balon anak-anak 
  • Jalan kaki, motor atau mobil tergantung target market kita
  • Balon test biasa digunakan jika punya plang tambahan pinggir jalan
  • Bukan plang yang menempel di bangunan
  • Sebagai contoh, plang McDonald's yang ada tulisan toilet. musholla, dll

 

5. Punya Simbol (patung, logo dll)

  • Kadang plang juga bisa berbentuk simbol atau patung
  • Misalnya kalau kita lihat patung sapi, nah ini brand susu ‘x’
  • Atau misalnya liat simbol Starbucks, kita langsung tau itu Sbux
  • Simbol / patung mempermudah target market untuk mengenali kita
  • Simbol / patung juga bisa jadi unsur WOW yang menarik perhatian

 

6. Fasilitas Tambahan

  • Perhatikan plang McDonald's, ada beberapa info yang selalu disertakan, misalnya toilet dan musholla
  • Ada beberapa cafe juga menuliskan fasilitas lain seperti wifi, dll
  • Hal ini penting untuk jadi pertimbangan konsumen tentunya
  • Contoh, banyak yg masuk ke sebuah coffeeshop karena punya musholla
  • Ada juga yang masuk karena memang mencari wifi dan colokan
  • Ada juga yang masuk karena ada tulisan co-working dan halal
  • Jadi kalau kita punya fasilitas, pastikan itu tertulis di plang brand kita

 

7. Tagline yang Kuat

  • Sering kita melihat nama cafe / resto, terus kita bingung tempat jualan apa sih?
  • Namanya sih keren, tapi ga jelas jualan apa
  • Kita konsumen disuruh tebak-tebakan resto / cafe ini jualan apa
  • Nah untuk menghidarkan hal seperti ini, gunakan tagline yang jelas
  • Misal, Warung Ibu Ayank tagline "tersedia 30 menu lauk pilihan"
  • Nah jadi jelaskan, "oh ini warung nasi", konsumen ga main tebak-tebakan
  • Tagline juga bisa dijadikan SELLING POINT, kekuatan merek kita itu apa
  • Coffeeshop juga perlu tagline? IYA DONG
  • Contoh, XYZ Coffee --> udah ajah gitu tertulis, sayang banget khan
  • Mengapa tidak XYZ Coffee tagline "Indonesia Specialty Coffee"
  • Minimal kita mau kasih info ke konsumen kalau coffee kita itu berkualitas

 

8. Jualan Apa yang Jelas

  • Sering kita liat, sebuah cafe yang kita ga tau mereka ini jualan apa
  • Kadang di plang kalau brand kita baru, bukan legend, jualan apa itu penting
  • Tulin aja di plang, "Rajanya Iga Bakar"
  • Tambahan beberapa tulisan lain or gambar produk lain juga ok
  • Seperti hal nya tagline, tambahan deskripsi jualan apa itu penting
  • Apalagi bisnis kita baru dan belum di kenal orang banyak
  • Tidak usah terlalu berpikir estetik soal ini
  • Warung SS (Spesial Sambal) yang udah legend aja melakukan hal ini kok

 

9. Call to Action

  • Pastikan di plang juga ada Call to Action
  • No HP, akun instagram atau bahkan akun TikTok
  • Tidak semua konsumen mau masuk di awal apalagi brand kita belum di kenal
  • Bisa jadi mereka mau cek-cek akun Instagram dulu
  • Bisa jadi mereka photo dan catat no HP untuk tanya-tanya dulu
  • Jadi CTA (Call to Action) ini sangat penting bagi bisnis kita
  • Jangan sampai kita melewatkan kesempatan apapun yang bisa jadi sales

 

10. Kualitas Bahan Plang

  • Kualitas plang juga jadi bahan pertimbangan penting
  • Penggunaan bahan yang cepat rusak dan kusam sebaiknya jangan dipilih untuk digunakan
  • Memang bisa jadi lebih mahal sedikit jadinya, tapi lebih tahan lama
  • Pemilihan tiang atau material juga penting untuk yang kuat
  • Jangan sampai misalnya copot di tiup angin atau roboh kena hujan
  • Atau misalnya warnanya pudar baru satu bulan
  • Ini bisa membuat brand kita imagenya kurang bagus

 

Semoga ilmu kali ini bermanfaat buat Sahabat Foodizz Academy semua, yuk jangan lupa sebarkan ilmunya dengan mencantumkan sumber dari Foodizz Academy dan semoga makin banyak yang bisa mendapatkan manfaatnya.

Foodizz Academy
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
 

Tanya detail klik disini: foodizz.id/csfoodizz


Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id

 

{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru