Plang / fasad penting ga untuk diperhatikan? Jawabannya sangat penting, apalagi dalam bisnis kuliner, ditambah lagi jika area kita berjualan traffik sangat padat dan ramai, plang / fasad bisa jadi biaya yang sangat murah serta sangat penting untuk membuat konsumen berpaling dan datang membeli ke outlet / resto kita.
Sering kali kita perhatikan banyak owner bisnis yang mengabaikan pentingnya plang atau fasad ini, baik karena memang tidak paham atau kadang aneh alasannya, yaitu pengen estektik sesuai anjuran designernya, tapi pada akhirnya malah membuat target konsumen tidak tahu ANDA INI JUALAN APA SIH? atau APA sih KELEBIHAN BRAND ANDA?, yang seharusnya bisa dituangkan di plang tersebut, sayang banget khan? Udah banyak outlet keren-keren, ratusan juta bahkan miliaran, eh konsumen begitu lewat dan liat malah bertanya dalam hati "jualan apaan sih ini?".
So, apa saja yang harus diperhatikan terkait dengan plang atau fasad dalam bisnis kuliner? Yuk kita go bahas 10 catatan pentingnya:
1. Menarik Perhatian (WOW Factor)
Plang nama (brand) itu harus punya unsur WOW factor
Bisa bentuknya yang unik,seperti Holland Bakery
Bisa juga warnanya yang menyolok, seperti Sop Ayam Pak Min (warna stabilo mencrang)
Intinya jadikan plang sebagai SELLING POINT yang powerful
Yang membuat konsumen jadi NOLEH, KAGUM, atau TERBELALAK
Membuat konsumen penasaran, brand apa sih ini?
2. Warna yang Kontras
Pastikan warna plang dan tulisan kontras terbaca dengan jelas
Jangan memainkan warna gradasi dari 1 warna utama, misalnya jangan coklat tua, tulisan menggunakan coklat muda
Karena kalau dicetak di flyer atau digital, warna seperti itu akan terbaca jelas, tapi plang beda / tidak terbaca
Orang yang lewat tidak punya banyak waktu untuk membaca, apalagi yang tidak jelas
Biasanya buat dulu print test untuk di cek mengenai kontras warna dan tulisan
Jika sudah yakin terbaca jelas baru di print dalam ukuran asli
3. Tulisan terbaca jelas
Pastikan tulinsan brand dan tagline terbaca sejelas-jelasnya
Gunakan tipografi / font yang memang terbaca jelas
Bagaimana jika nama brand bagian dari logo dan sudah ada font khusus?
Yah pastikan harus terbaca jelas, jika teryata tidak terbaca, maka harus di ubah
Or minimal buat khusus untuk plang
Sering sekali gara-gara font, plang di korbankan oleh business owner
Orang yang lihat plang ga ngerti dan ga kebaca sama sekali brand apa itu
4. Balon Test
Lakukan juga balon test dengan berjalan kaki, naik motor, dan naik mobil
Tujuannya untuk mengukur jarak pandang plang
Balon yang digunakan biasa saja, seperti balon anak-anak
Jalan kaki, motor atau mobil tergantung target market kita
Balon test biasa digunakan jika punya plang tambahan pinggir jalan
Bukan plang yang menempel di bangunan
Sebagai contoh, plang McDonald's yang ada tulisan toilet. musholla, dll
5. Punya Simbol (patung, logo dll)
Kadang plang juga bisa berbentuk simbol atau patung
Misalnya kalau kita lihat patung sapi, nah ini brand susu ‘x’
Atau misalnya liat simbol Starbucks, kita langsung tau itu Sbux
Simbol / patung mempermudah target market untuk mengenali kita
Simbol / patung juga bisa jadi unsur WOW yang menarik perhatian
6. Fasilitas Tambahan
Perhatikan plang McDonald's, ada beberapa info yang selalu disertakan, misalnya toilet dan musholla
Ada beberapa cafe juga menuliskan fasilitas lain seperti wifi, dll
Hal ini penting untuk jadi pertimbangan konsumen tentunya
Contoh, banyak yg masuk ke sebuah coffeeshop karena punya musholla
Ada juga yang masuk karena memang mencari wifi dan colokan
Ada juga yang masuk karena ada tulisan co-working dan halal
Jadi kalau kita punya fasilitas, pastikan itu tertulis di plang brand kita
7. Tagline yang Kuat
Sering kita melihat nama cafe / resto, terus kita bingung tempat jualan apa sih?
Namanya sih keren, tapi ga jelas jualan apa
Kita konsumen disuruh tebak-tebakan resto / cafe ini jualan apa
Nah untuk menghidarkan hal seperti ini, gunakan tagline yang jelas
Misal, Warung Ibu Ayank tagline "tersedia 30 menu lauk pilihan"
Nah jadi jelaskan, "oh ini warung nasi", konsumen ga main tebak-tebakan
Tagline juga bisa dijadikan SELLING POINT, kekuatan merek kita itu apa
Mengapa tidak XYZ Coffee tagline "Indonesia Specialty Coffee"
Minimal kita mau kasih info ke konsumen kalau coffee kita itu berkualitas
8. Jualan Apa yang Jelas
Sering kita liat, sebuah cafe yang kita ga tau mereka ini jualan apa
Kadang di plang kalau brand kita baru, bukan legend, jualan apa itu penting
Tulin aja di plang, "Rajanya Iga Bakar"
Tambahan beberapa tulisan lain or gambar produk lain juga ok
Seperti hal nya tagline, tambahan deskripsi jualan apa itu penting
Apalagi bisnis kita baru dan belum di kenal orang banyak
Tidak usah terlalu berpikir estetik soal ini
Warung SS (Spesial Sambal) yang udah legend aja melakukan hal ini kok
9. Call to Action
Pastikan di plang juga ada Call to Action
No HP, akun instagram atau bahkan akun TikTok
Tidak semua konsumen mau masuk di awal apalagi brand kita belum di kenal
Bisa jadi mereka mau cek-cek akun Instagram dulu
Bisa jadi mereka photo dan catat no HP untuk tanya-tanya dulu
Jadi CTA (Call to Action) ini sangat penting bagi bisnis kita
Jangan sampai kita melewatkan kesempatan apapun yang bisa jadi sales
10. Kualitas Bahan Plang
Kualitas plang juga jadi bahan pertimbangan penting
Penggunaan bahan yang cepat rusak dan kusam sebaiknya jangan dipilih untuk digunakan
Memang bisa jadi lebih mahal sedikit jadinya, tapi lebih tahan lama
Pemilihan tiang atau material juga penting untuk yang kuat
Jangan sampai misalnya copot di tiup angin atau roboh kena hujan
Atau misalnya warnanya pudar baru satu bulan
Ini bisa membuat brand kita imagenya kurang bagus
Semoga ilmu kali ini bermanfaat buat Sahabat Foodizz Academy semua, yuk jangan lupa sebarkan ilmunya dengan mencantumkan sumber dari Foodizz Academy dan semoga makin banyak yang bisa mendapatkan manfaatnya.
Foodizz Academy www.foodizz.id www.sekolahkuliner.com
Disclaimer:
Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulangdengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel
Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By
{{ comment.username }}
{{ comment.body }}
Dikomomentari pada {{ comment.formatted_published_at }}