Sudah buat rencana meningkatkan Net Profit di tahun depan? Atau temen-temen kuliner bahkan blom punya rencana peningkatkan omset di tahun depan, sehingga ga aneh rencana Net Profit juga blom dibuat? bener atau betul ini?
Klo target omset, tentu sesuatu yang sangat lazim dibahas, apalagi plan untuk tahun depan seharusnya sudah disiapkan dengan baik, namun kadang kita lupa untuk juga FOKUS pada peningkatkan NET PROFIT, padahal inilah faktor paling penting dalam menjalankan bisnis.
Profit Plan merupakan salah satu rencana dalam business plan yang harus dibuat dan diselesaikan karena ini akan memberikan FIGURE penting seperti apa POSISI keuangan kita month by month, ada recana apa saja yang bisa jalankan dengan POSISI KEUANGAN seperti yang tergambar di dalam BUSINESS PLAN.
So, PROFIT PLAN apa ajah sih yang harus kita siapkan sehingga pada akhirnya NET INCOME kita bisa kita capai, walaupun misalnya TARGET OMSET tahun depan. Yuk coba kita lihat beberapa hal di bawah, semoga setelah ini temen-temen kuliner langsung bergerak untuk membahasnya.
1. Tingkatkan Omset
Ini sih ga perlu dibahas lagi yah, sudah pasti inilah yang paling sering dibahas dan dijadikan bahan diskusi beberapa bulan ke belakang, gimana OMSET BISA NAIK di tahun depan.
SALES = TC x APC
TC = Total Check (jumlah bill / bon)
APC = Average Per Check (nilai bill / bon)
Ini rumus simpelnya, tapi tentu setiap point TC dan APC butuh strategi dan program yang spesifik, sehingga pada akhirnya omset bisa meningkatkan seperti MENDORONG TRAFFIC lebih banyak, melakukan UPSELLING & CROSS SELLING, dan banyak lagi yang memang harus disiapkan dalam planning tahun depan.
Peningkatkan OMSET pada dasarnya hal yang wajar memasuki tahun baru apalagi kemungkinan faktor-faktor biaya seperti, harga bahan baku dan biaya SDM juga biasanya akan terjadi peningkatan, karena itulah penting sekali untuk siapkan peningkatkan OMSET yang juga pada akhirnya mendorong terjadinya peningkat NET PROFIT perusahaan.
2. Turunkan COGS / HPP
Salah satu rencana kerja penting untuk peningkatkan NET INCOME, tentu saja terkait bagaimana caranya kita bisa menurunkan COGS
Poin utamanya bagaimana bahan baku bisa turun harga, khususnya yang terkait dengan i nya bisa lebih panjang, serta stock inventory yang kita miliki sedikit mungkin, artinya vendor bisa antar lebih sering.
3. Turunkan Biaya SDM
Jika kita bicara 1 cabang, mungkin ini bukan strategi utama untuk meningkatkan NET PROFIT melalui efisiensi SDM, namun kalo kita sudah punya belasan atau puluhan cabang, biaya ini akan menjadi sangat STRATEJIK angkanya.
Tantangan paling utama adalah tetap sesuai dengan regulasi, namun juga tidak menurunkan kualitas service yang pada akhir nya berpengaruh ke brand kita. Jawabannya adalah siapkan rencana PRODUKTIVITAS, serta rencana PENGGUNAAN TEKNOLOGI yang dapat membantu kita lebih efisien dalam SDM sehingga akhirnya NET PROFIT bisa naik di tahun depan.
4. Turunkan biaya rumah tangga
Dua hal diatas hanya contoh di mana NET PROFIT bisa dikejar dari usaha kita menuruntkan biaya rumah tangga dalam bisnis kita.
5. Turunkan Marketing Cost
Ini kayak ayam sama telor, nanti klo diturunkan, OMSET ga kecapai dan akhirnya NET juga kagak kena, klo dibiarkan tetap atau bahkan naik yang IMPACT juga kepengurangan dari NET PROFIT kita. Mana yang lebih baik?
Yang lebih baik ada cost secara persentase bisa turun, walapun secara nilai belom tentu turun, namun dengan cost tersebut kita bisa secara efektif mencapai objectives yang sudah dibuat, dalam hal ini tentu salah satunya adalah pencapaian SALES. Karena itulah butuh yang namanya MARKETING CALENDAR dan PLANNING yang juga harusnya ada di dalam business plan.
6. Tambah sumber pendapatan
NET PROFIT bisa juga naik di tahun depan karena kita punya rencana untuk melakukan eksekusi SUMBER PENDAPATAN BARU, misalnya dengan menjual kemitraan / franchise sehingga pendapatannya bisa langsung diakui sebagai PROFIT.
Atau misalnya jika brand kita sudah cukup kuat di mana banyak pihak yang tertarik untuk bekerjasama, kita juga bisa mendapatkan dana SPONSOR yang sangat mungkin memberikan pengaruh terhadap NET PROFIT kita, misalnya TEH BOTOL memberikan dana SPONSOR senilai X Miliar untuk bisa mendapatkan BRANDING di seluruh outlet kita.
7. Tingkatkan Repetisi Pembelian
Kok bisa ini punya kontribusi terhadap NET PROFIT? Yah iyalah, menurut temen-temen berapa biaya akuisi pelanggan baru? MAHAL, klo kita bisa membuat pelanggan lama meningkat % repetisinya, berarti kita bisa mencapai OMSET dengan BIAYA LEBIH SEDIKIT.
Nah, klo kemudian temen-temen tidak punya database, sehingga tidak mungkin melakukan eksekusi no.7 ini maka setidaknya punyalah rencana 1-6 bulan ke depan untuk dapat databasenya sehingga nanti di bulan 7-12 program ini bisa berjalan.
8. Turunkan Biaya Back Office yang tidak produktif
Klo temen-temen kuliner menjalankan bisnis dengan model growth outlet, baik itu melalui owned outlet maupun kemitraan, maka salah satu biaya terbesar adalah memiliki BACK OFFICE COST, baik itu gaji karyawan non outlet seperti Direktur, Manager, SDM, Finance, Accounting, Gudang, Promosi, dll, itu baru dari sisi SALARY, blom lagi biaya rumah tangga (Listrik, Internet), biaya SEWA, BONUS, dll.
Sudah ada rencana soal ini? Apa mungkin bisa diturunkan lagi, misalnya untuk SALARY di korelasikan dengan BONUS tahunan misalnya, pindah office ke COWORKING ajah, biar lebih hemat dan tidak perlu banyak fungsi dan biaya (satpam, RT, dll).
9. Naikan Harga
Ini cari paling mudah sebetulnya, tapi paling berisiko jika salah dalam mengeksekusinya. PRICE INCREASING idealnya saya masukan ajah di poin 1, cara meningkatkan APC, namun kenapa dikeluarkan dan dibahas? Karena dalam bisnis kuliner, PRICE sifatnyanya sangat STRATEJIK, punya peranan VITAL apalagi dibisnis-bisnis yang sangat PRICE SENSITIVE.
Namun di sisi lain, naikin harga merupakan sesuatu yang sangat sulit dihindari kecuali perusahaan sangat disiplin dengan model OPERATIONAL EXCELLENCE dan PRICE LEADERSHIP di mana semua hal secara detail sudah disusun sangat efisien sehingga harga tidak perlu dinaikan namun NET PROFIT tetap bisa naik di tahun depan.
10. Nambah Cabang (Growth Plan)
Terakhir, salah satu usaha untuk meningkatkan NET PROFIT secara keseluruhan adalah dengan menambah cabang, ini kita bicara dalam konteks NET PROFIT perusahaan yah bukan net profit outlet. Berapa cabang inilah salah satu faktor yang harusnya temen-temen sudah bahas di dalam Business Plan (Growth Plan).
Nambah cabang artinya kita akan menambah TOP LINE (Revenue), dengan asumsi SALES STABIL, penambahan cabang tentu akan membuat NET PROFIT kita pada akhirnya akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Semoga Bermanfaat.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
https://lms.foodizz.id/
Kelola SOP dan Training lebih mudah dan murah
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}