Ide Bisnis

10 Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan

  • Oleh: Foodizz Team
  • Diunggah 19 Juli 2021

 

Bisnis makanan ringan sekarang menjadi salah satu bisnis yang sedang hangat diperbincangkan baik di kalangan pengusaha maupun orang yang ingin memulai bisnis kuliner. Alasan kenapa bisnis makanan ringan dilirik adalah tidak pernah sepi peminat dan modal yang tidak terlalu besar.

 

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan berbisnis makanan ringan pun tidak bisa diremehkan, mengingat sudah banyak orang yang sukses dengan menjual camilan yang digemari oleh masyarakat. Berikut Foodizz membagikan 10 bisnis makanan ringan yang menguntungkan, bisa Anda jadikan referensi:

 

1. Sempol Ayam

Sempol ayam menjadi jajanan yang enak dan nikmat. Dimana katanya jajanan yang sedang populer ini berasal dari Malang. Rasanya yang enak dengan harga yang cukup terjangkau membuat sempol ayam semakin laris di pasaran.
 

Wajar bila kemudian peluang bisnis sempol ayam pun semakin menjanjikan. Untuk memulai bisnis sempol ayam juga terbilang mudah, karena bahan-bahan yang digunakan mudah ditemui dan cara membuatnya gampang namun tetap menguntungkan.
 

2. Telur Gulung

Temen-temen pasti pernah membeli telur gulung atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Tentu temen-temen akan sepakat jika telur gulung merupakan jajanan masa kecil yang tetap enak hingga sekarang.
 

Masyarakat sekarang ini seperti sedang dibuat nostalgia dengan beberapa jenis makanan yang populer di tahun 90-an salah satunya adalah telur gulung ini. Ternyata telur gulung dari dulu tidak pernah kehilangan peminatnya. Pantas jika bisnis telur gulung menjadi bisnis yang menguntungkan.
 

3. Stik Talas

Umbi talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang bisa dimakan dengan proses pemasakan digoreng atau direbus. Ternyata umbi talas memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B dan garam fosfat.
 

Stik talas ini menjadi awal mula penilaian pada talas menjadi tinggi. Karena ketika diolah menjadi stik, rasanya yang gurih disukai oleh banyak orang.
 

4. Tahu Kremes

Tahu kremes sekarang tidak kalah populernya dari makanan ringan lainnya. Paling enak disajikan dengan berbagai macam makanan berkuah seperti soto, bakso, atau bahkan mie instan. Pembuatannya yang praktis dan disukai banyak orang menjadikan camilan ini peluang bisnis yang menjanjikan.

 

5. Tahu Bakso Daging

Dalam kehidupan sehari-hari tahun menjadi salah satu bahan baku makanan yang sangat akrab di semua kalangan masyarakat. Tahu sering diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk makanan ringan seperti tahu bakso daging. Makanan ini merupakan olahan tahu goreng yang diberi isian adonan bakso sehingga cita rasa tahu dan teksturnya menjadi semakin unik.
 

Tahu bakso daging bukan jenis makanan yang baru di kalangan masyarakat. Meskipun begitu, pamor tahu bakso tetap melejit seiring dengan inovasi yang dibuat dan cara pemasaran yang beragam.

 

6. Keripik Pisang

Keripik pisang akan terdengar biasa saja, tapi bagaimana jika ditambah dengan bumbu-bumbu yang sedang tren, seperti coklat, keju, green tea, taro dan masih banyak lagi yang lainnya. Berinovasi dengan beragam rasa adalah bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan tuntutan zaman untuk mewakili perasaan anak muda.
 

Pilihan rasa dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang bukan sekedar kekinian, tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.
 

7. Kulit Ayam Crispy

Kulit ayam menjadi salah satu makanan yang sekarang sedang digemari oleh banyak orang terutama kaum milenial & gen z. Bahan kulit ayam yang murah dan pembuatannya yang cukup mudah menjadikan bisnis makanan ringan berbahan kulit ayam ini wajib untuk dicoba.

 

8. Mie Lidi

Selain telur gulung, jajanan di tahun 90 an yang sampai saat ini di sukai banyak orang adalah mie lidi. Mie lidi merupakan salah satu jajanan berbahan dasar tepung. Rasa gurih dan bumbu yang bervariasi membuat siapapun ketagihan. Tak ada salahnya bila kemudian mie lidi jadi salah satu inspirasi untuk membuka bisnis.
 

Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis ini lebih mudah untuk dimulai.
 

9. Basreng

Saat ini semakin banyak inovasi yang dibuat para pengusaha makanan ringan untuk memikat hati konsumennya. Salah satunya adalah basreng. Kelezatan rasanya mengundang rasa penasaran bukan saja para remaja melainkan juga orang dewasa.
 

Karena begitu populer, banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha basreng dengan beragam varian yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli. Sejauh ini basreng memiliki pangsa pasar yang luas, selain itu bisnis makanan ini juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.
 

10. Kerupuk Seblak

Beberapa tahun ini seblak menjadi salah satu makanan yang paling dicari terutama kaum milenial & gen z. Rasa pedas menjadi ciri khas tersendiri. Kalau biasanya kita memakan seblak basah lengkap dengan kerupuk, bakso, ceker, dan sayuran, kali ini seblak versi keringnya, yaitu kerupuk seblak.
 

Bisnis kerupuk ini laris dipasaran lagi-lagi karena rasanya yang gurih dan pedas yang menggiurkan membuat pamornya semakin jaya di kalangan pencinta makanan ringan.
 

Artikel bermanfaat lainnya: 8 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Rumahan

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Sumber gambar: unsplash.com

 

Dapatkan Full Access E-Course disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru