Digital Marketing

10 Alasan Mengapa Membangun Awareness Brand Lewat TIKTOK

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 13 Agustus 2021
Sumber Gambar: Unsplash.com

 

"Semua orang akan TIKTOK pada waktu nya" sebuah kalimat yang saya dengar diucapkan oleh salah satu temen di sebuah acara LIVE Zoom. MENARIK kalimat ini karena sepertinya PD banget TikTok akan menjadi salah satu MEDIA yang cukup POWERFULL dalam membangun brand khususnya di bidang kuliner.
 

Beberapa tahun lalu di sebuah kesempatan juga di mana saat itu main TIKTOK masih dianggap "ALAY", mungkin temen-temen semua ingat soal BOWO ALPENLIEBE (seorang anak kecil yang viral banget dengan gaya "alay"nya), Foodizz pernah mengatakan bahwa temen-temen kuliner harus mulai memantau, mempelajari, dan menggunakan TIKTOK karena media ini akan terus booming, pada saat itu mungkin banyak yang masih senyum-senyum ajah "TIKTOK????" hehe. But TODAY, semua mulai terlihat dan terbuktikan karena media ini sangat powerfull apalagi sejak pandemic, banyak sekali bisnis kuliner yang VIRAL melalui TIKTOK.
 

Kali ini Foodizz coba akan mambahas 10 POIN penting di mana jika temen-temen sadar TIKTOK juga sangat efektif membangun BRAND AWARENESS bagi brand kita, dan juga yang paling penting "bisa MURAH / LOW COST". Mengapa? Yuk coba kita lihat 10 poin penting di bawah terkait brand awareness.

 

1. GEDE / KECIL KESEMPATAN SAMA

Menurut Foodizz, TikTok sebagai platform memberikan kesempatan untuk membangun brand awareness secara fair, mau perusahaan kita besar ataupun kecil, semua punya kesempatan yang sama karena platform ini bukan hanya soal berapa budget (yah tentu klo temen-temen iklan akan punya pengaruh) tapi juga soal kreatifitas konten yg dibuat, semakin menarik bagi target user, akan semakin besar kesempatan untuk bisa mendapatkan view dan viral, yang artinya AWARENESS brand kita akan semakin besar.

 

2. INI SOAL KREATIFITAS KONTEN

TikTok bukan hanya soal number of followers atau only ADS (iklan) game, namun juga merupakan game of CREATIVITY CONTENT, yang artinya untuk bisa REACH jumlah target yang besar, menjadi viral, dan di share banyak orang, yang temen-temen butuhkan adalah POWERFULL CONTENT, konten yang tepat dan menarik. Jadi temen-temen tidak perlu khawatir misalnya hanya punya ratusan or ribuan follower di awal, karena dengan media TIKTOK jika temen-temen kreatif dalam membangun konten, kesempatan untuk bisa viral (#fyp) akan cukup tinggi, sangat berbeda dengan instagram yang malah sebaliknya, follower banyak juga yang liat kisaran jumlah dari persentasenya.

 

3. AWARENESS LOKAL

Salah satu kelebihan dari TikTok dalam membangun awareness juga terkait dengan targeted konsumen lokal di mana kita menjalankan bisnis, sehingga menjadi tajam dan relevan terkait dengan target market. Contoh nih, klo kita tinggal di Bandung, kemungkinan besar video-video tiktok yang muncul di akun kita adalah kuliner-kuliner lokal Bandung.

 

4. BISA LEBIH MURAH DARI PLATFORM LAIN

TikTok sejauh ini dari yang sudah dipraktekan oleh tim Foodizz bekerjasama dengan salah satu brand di Bandung memperlihatkan secara biaya jauh lebih murah di bandingkan platform lain dari sisi jangkauan awareness, mengapa? Salah satu alasan sederhananya karena TikTok bisa REACH dengan sangat besar tidak tergantung oleh jumlah follower, sehingga tidak perlu effort biaya untuk membangun terlebih dahulu database follower seperti halnya di Instagram. Cost tertinggi dari mengelola TikTok adalah di PIC / TEAM untuk membuat konten secara rutin.
 

5. SKALA NASIONAL

Selain lokal, jika kita national brand, TikTok membuat brand kita bisa lebih masif awarenessnya secara nasional, khususnya jika kita berbisnis kuliner kemasan (packaging) atau frozen melalui E- Commerce atau PO system yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Berapa banyak dari kita yang akhirnya membeli sesuatu karena IMPULSE ketika menonton video di TikTok? Yes rasanya cukup banyak padahal produk tersebut mungkin cukup jauh dari lokasi tempat tinggal kita.

 

6. VIRAL LEWAT SHARING MEDIA LAIN

Salah satu kelebihan TikTok adalah kemudahan untuk konten kita di share ke berbagai platform media lain seperti Instagram, WA, dll sehingga potensi mendapatkan AWARENESS yang tinggi sangat besar, kuncinya kembali lagi di KONTEN, apakah konten kita MENARIK untuk di share oleh yang melihat konten tersebut. Bentuk-bentuk konten yang menarik dalam hal ini juga sangat bervariasi, tidak hanya konten yang lucu, namun juga bisa konten edukatif, konten sharing, dll.

 

7. TIDAK TERGANTUNG JUMLAH FOLLOWER

Seperti poin sebelumnya, salah satu keunggulan dari media TIKTOK adalah kesempatan untuk bisa VIRAL dalam waktu cepat dan jumlah masif tanpa tergantung jumlah follower, beberapa brand seperti BitterSweet by Najla yang sangat terkenal di warga TIKTOK. Atau ada kasus brand-brand baru yang beberapa kali tembus 1 juta view, padahal followernya hanya ratusan / ribuan. Ini berbeda banget nih misalnya klo kita menggunakan Facebook atau Instagram, karena yang terjadi malah sebaliknya, jumlah view yang bisa kita dapatkan paling berkisar 1-3% dari total jumlah follower.

 

8. DAPET KONSUMEN BARU

Dengan kemampuan viral tanpa tergantung dengan jumlah follower, ini artinya kesempatan brand untuk bisa mendatangkan konsumen baru menjadi lebih besar juga dan ok nya konsumen yang baru ini juga bisa sangat relevan (sesuai target market kita) karena salah satu algoritma dari TikTok ini berdasarkan minat serta lokasi.

 

9. MEMBANGUN NILAI BRAND

TikTok sebagai Content Delivery Platform juga merupakan media yang sangat tepat untuk kita membangun nilai brand, sehingga tidak hanya AWARENESS yang terbangun namun sekalian NILAI BRAND melalui strategi konten yang kita terus kita fokuskan. Contoh misalnya, brand yang punya value nya HAPPINESS, strategi kontennya adalah dengan konsisten menampilkan konten-konten yang bisa bikin senyum dan tertawa. Contoh lain misalnya temen-temen seorang Chef seperti Dims The Meat Guy, secara konsisten DTMG selalu menampilkan konten-konten mengelola steak, sehingga banyak sekali kontennya yang VIRAL (fyp).

 

10. GA BANYAK PESAING

Nah ini yang paling asik saat ini, blom banyak pesaing kuliner yang serius dan masuk ke dalam media ini, paling-paling bayar influencer untuk mengiklankan brand dan produknya, tapi jika bisa cara MENGELOLA masih blom sampai di sana. Beda dengan instagram, ini sih sudah sangat crowd karena sudah banyak banget yang menggunakan media ini dan sudah jago-jago, TikTok masih blom, ini yang artinya jadi peluang besar buat brand kita bisa leading dan memanfaatkan maksimal media ini. Let's go lah.


Semoga Bermanfaat & Keep Learning

 

www.foodizz.id

1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com

Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

 www.vendorkuliner.com

Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

 

#TikTok #Brand

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru