Rifki Ramdan M - CoFounder & COO Foodizz.id



CoFounder & COO Foodizz.id



Saya sebagai mantan pebisnis kuliner yang pernah membangun beberapa cabang restoran, sangat merasakan betul apa yang menjadi kebutuhan dasar dan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para pebisnis kuliner pada umumnya. Ada lebih dari 5,9 juta pebisnis kuliner dan potensial pebisnis kuliner di Indonesia, ini menandakan kegiatan bisnis ini sangat di minati oleh masyarakat.


Tapi uniknya, menurut survey hanya 1 dari 10 pebisnis kuliner di Indonesia yang berhasil bertahan selama 5 tahun, ini menandakan banyaknya permasalahan yang terjadi di dalam bisnis ini dan pula banyaknya pengusaha bisnis kuliner terjun berbisnis tanpa mengetahui 100% bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut.


Di dalam bisnis kuliner, tidak hanya dasar-dasar ilmu bisnis yang harus kita kuasai, tetapi masih sangat banyak ilmu detail yang kita harus pelajari, ilmu operasional; kita akan bertemu dengan masalah-masalah operasional harian, ilmu produk; bagaimana membuat produk yang tepat untuk market kita, ilmu mengembangkan cabang; disini banyak pengusaha yang gagal, disaat mereka ingin menambah cabang ke-2 ke-3 dan seterusnya, ilmu marketing; bagaimana membuat restoran kita dipenuhi konsumen setiap hari dan terus berelanjutan.



Pada tahun 2015 saya memulai bisnis kuliner dari nol, hingga memiliki lebih dari 2 cabang dan di akhiri dengan kebangkrutan. Apa yang terjadi?


Pertanyaan di setiap pengusaha kuliner hanya satu..


“Dimana saya mendapatkan semua jawaban-jawaban dari permasalahan saya?”


Saya pun pada masa itu mempunyai pertanyaan yang sama.


Setelah bertemu dengan teman-teman pengusaha lain yang juga sekarang adalah founder dari Foodizz, kami mempunyai keresahan yang sama dan sepakat untuk mencari dan menemukan solusi ini. Karena itulah inisiasi membangun Foodizz terwujud, keinginan kami untuk mempermudah kehidupan para pebisnis kuliner dengan membangun jaringan dan ekosistem bisnis kuliner di Indonesia.


Tahap pertama dengan membangun Platform Edukasi Bisnis Kuliner PERTAMA di Indonesia, ada ribuan manfaat yang akan pengusaha kuliner dapatkan disini, tidak berhenti disitu, kami juga merencanakan sesuatu yang lebih besar..


Kita tunggu saatnya kami akan mengumumkan..


Semoga keinginan dan rencana kami untuk membantu pengusaha kuliner di Indonesia didukung penuh dan disertai kelancaran…


Salam Foodpreneur Indonesia!

Apa Itu Foodizz?